Dongkrak Pelanggan IndiHome, Telkom Tawarkan Kerjasama Franchise

foto : istimewa

Pasardana.id - Guna mendongkrak jumlah pelanggan IndiHome, PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) melakukan terobosan pemasaran layanan melalui pola franchise.

Dalam konsep itu, PT Telkom Tbk membuka peluang kerja sama dengan mengundang berbagai pihak, seperti pengembang properti dan pengelola jaringan akses yang bersedia membangun infrastruktur mulai dari titik Optical Distribution Cabinet hingga rumah pelanggan.

Adapun investasi untuk membangun satu jaringan infrastruktur IndiHome berkisar 300 dolar AS.

"Bagi investor yang menjadi mitra, kami berikan IRR (Internal Rate of Return/tingkat pengembalian investasi) sebesar 21 persen, dengan proyeksi di bawah lima tahun)," kata Direktur Layanan Pelanggan PT Telkom Tbk, Dian Rachmawan di Jakarta, Rabu (25/5/2016).

Lebih lanjut dijelaskan, pihaknya menargetkan pada tahun 2020 sebanyak 20 juta rumah terkoneksi ke jaringan pita lebar berbasis fiber optik atau fiber to the home (FTTH) IndiHome.

"Saat ini jumlah pelanggan IndiHome mencapai 1,5 juta. Layanan triple play yang terdiri atas internet on fiber, UseeTV (IPTV) dan telepon rumah itu akan menembus 20 juta rumah tangga pada 2020," terang Dian.

Asal tahu saja, hingga triwulan I 2016, PT Telkom Tbk memiliki 4,197 juta pengguna pita lebar tetap, yang mencakup 1,35 juta pelanggan triple play IndiHome dengan tingkat penggunaan per pelanggan Rp326.000.