TLKM Dukung Pertamina Genjot Digitalisasi SPBU di Seluruh Indonesia

foto : istimewa

Pasardana.id - Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PT Pertamina (Persero) menggandeng PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) untuk mengimplementasikan program digitalisasi SPBU di seluruh Indonesia.

Direktur Enterprise and Business Service TLKM, Edi Witjara dalam kesempatan terpisah mengatakan, Telkom mendukung penuh Pertamina untuk berupaya semaksimal mungkin segera menyelesaikan proses digitalisasi SPBU di tengah keterbatasan situasi pandemi Covid-19.

"Hal ini sejalan dengan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, di mana transaksi nontunai (cashless) mengurangi kontak fisik namun tetap memberikan layanan yang memuaskan kepada pelanggan,” beber Edi, seperti dilansir dari siaran pers, Jumat (25/9).

Edi juga memastikan, kelima fitur digitalisasi SPBU sudah bisa digunakan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, pemerintah serta para stakeholder lainnya.

Disebutkan, melalui digitalisasi maka Pertamina dapat memantau kondisi stok Bahan Bakar Minyak (BBM), penjualan BBM serta transaksi pembayaran di SPBU.

Data-data tersebut juga dapat diakses secara langsung oleh sejumlah pihak berwenang, seperti Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan BPH Migas sehingga dapat saling mendukung untuk pengawasan penyaluran BBM.

Sebelumnya, pada Jumat (11/9) Kepala Pusat Data & Informasi Kementerian ESDM, Agus Cahyono Adi didampingi Enterprise Project Director Telkom, Judi Achmadi dan Director of Regional Marketing PT Pertamina, Patra Niaga Jumali berkunjung ke SPBU 34 12902 Gatot Subroto.

Salah satu tujuan kunjungan tersebut untuk memastikan 5 (lima) fitur hasil digitalisasi SPBU sudah berfungsi 100%.

Adapun fitur yang dimaksud meliputi program prepurchase (bayar dulu baru isi BBM), monitoring penerimaan BBM di SPBU yang berbasis data ATG (Automatic Tank Gauge) custody transfer, cashless program dengan menggunakan digital payment LinkAja, pencatatan nomor polisi kendaraan yang melakukan pengisian BBM subsidi, serta profiling customer yang berbasis loyalty program aplikasi MyPertamina.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Pusat Data & Informasi Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi bersama Enterprise Project Director Telkom, Judi Achmadi, Director of Regional Marketing Pertamina, Patra Niaga Jumali, Vice President Business Demand Pertamina, Joko Purnomo dan Operation Senior Manager Enterprise, Government, & Business Service Telkom Regional II, Andri Nopendra.