Wall Street Terpengaruh Isyarat Kenaikan Suku Bunga The Fed

foto: istimewa

Pasardana.id - Saham di Wall Street secara umum ditutup flat pada akhir perdagangan Rabu (18/5/2016) setelah The Fed isyaratkan kenaikan suku bunga. Catatan dari Federal Open Market Committee (FOMC) pada Rabu menyebutkan bahwa adalah patut untuk menaikkan suku bunga pada Juni bila data ekonomi menunjukkan pertumbuhan kuartal kedua yang lebih baik seiring kestabilan inflasi dan tingkat tenaga kerja.

Setelah catatan tersebut tersebar, para trader memproyeksikan 34 persen peluang The Fed menaikkan suku bunga pada Juni. Sedangkan peluang kenaikan pada Juli mencapai lebih dari 50 persen.

ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Pasar tak terkejut oleh hasil pertemuan. Diskusi selanjutnya adalah, apakah ekonomi akan cukup kuat untuk menerima kenaikan suku bunga kembali, bagaimana pasar merespon antara saat ini sampai pertemuan Juni mendatang,ââÅ¡¬ kata Bucky Hellwig, senior VP BB&T Wealth Management di Birmingham, Alabama, seperti dikutip Reuters.

Indeks Dow Jones Industrial Average pada Rabu ditutup turun tipis 3,36 poin, atau sekitar 0,02 persen, menjadi 17.526,62 poin. Indeks S&P 500 naik 0,42 poin, atau sekitar 0,02 persen, menjadi 2.047,63 poin. Indeks Nasdaq Composite naik 23,39 poin, atau 0,5 persen, mencapai 4.739,12 poin.

Sektor jasa keuangan menjadi sektor dengan performa terbaik pada perdagangan Rabu, naik 1,9 persen yang merupakan kenaikan tertinggi untuk satu sesi dalam sebulan terakhir. Nilai saham JP Morgan naik 3,9 persen dan Bank of America naik 4,9 persen. Saham-saham perusahaan utilitas menjadi penampil terburuk, tujuh dari 10 perusahaan di sektor tersebut berakhir dengan angka merah.

Saham perusahaan ritel terus berada dalam tekanan, saham Target Corp turun 7,6 persen setelah laporan penjualan kuartal pertama 2016 menunjukkan hasil yang tak mencapai ekspektasi.

Sekitar delapan miliar saham diperdagangkan pada Rabu, lebih tinggi dari rata-rata 7,3 miliar saham per hari dalam 20 sesi sebelumnya. Jumlah saham yang turun lebih tinggi dari yang naik, 1.989 berbanding 1.043.