Marketing Sales Ciputra Development Meningkat 7% pada 2015
Pasardana.id - Penjualan pemasaran atau marketing sales PT Ciputra Development Tbk (CTRA) meningkat 7% menjadi Rp9,2 triliun pada 2015. Demikian dikemukakan oleh Maxi Liesyaputra, analis KDB Daewoo Securities Indonesia, dalam laporan riset, Selasa (9/2).
Menurut Maxi, marketing sales Ciputra Development (CTRA) pada tahun 2015 berasal antara lain dari proyek Citra Garden City, Malang (Jawa Timur), Citra Garden Banjarmasin (Kalimantan Selatan), dan Citra LandLosari Makassar (Sulawesi Selatan).
Maxi mengemukakan, sebesar 77% penjualan pemasaran CTRA pada 2015 berasal dari perumahan, diikuti penjualan apartemen dan perkantoran masing-masing sebesar 13% dan 10%.
Sementara berdasarkan lokasi, demikian Maxi, sebesar 30% marketing sales atau penjualan pemasaran perusahaan properti tersebut berasal dari wilayah Jakarta.
Untuk 2016, lanjut Maxi, CTRA berencana meluncurkan dua proyek baru dengan target penjualan pemasaran sebesar Rp1,5-Rp2 triliun. Selain itu, jelas Maxi, CTRA juga tetap akan meluncurkan empat proyek yang tertunda pada tahun 2015. Per Desember 2015, CTRA memiliki 73 proyek yang tersebar di 33 kota di Indonesia.
Secara fundamental, papar Maxi, kinerja keuangan Ciputra Development (CTRA) per September 2015 cukup baik. Ini tergambar pada laba CTRA sebesar Rp935,11 miliar (Rp61 per saham), naik dari Rp882,25 miliar (Rp58 per saham). Ini seiring peningkatan pendapatan CTRA dari Rp4,23 triliun menjadi Rp5,37 triliun per September 2015.

