Sinar Mas Multiartha akan Right Issue tanpa HMETD

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) akan melakukan penawaran umum terbatas saham (PUTS) tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) sebanyak 623,78 juta saham seri B dengan nilai nominal Rp100 per unit.

Saham tersebut setara 10% dari modal ditempatkan dan disetor perseroan setelah penawaran umum terbatas saham atau PUT.

Doddy Susanto, Direktur Utama SMMA dalam keterangan tertulis ke BEI, Kamis (22/10) mengatakan, harga pelaksanaan PUTS sebesar Rp5.006 per saham sehingga dana yang didapat perseroan dari panwaran umum terbatas saham ini mencapai Rp3,1 triliun.

Dana PUT akan digunakan untuk modal kerja dan tambahan investasi pada anak perusahaan.

Menurut Doddy, rencana penawaran umum terbatas saham atau PUTS tanpa HMETD tersebut akan dimintakan persetujuan dari pemegang saham SMMA dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dilaksanakan pada 20 November 2015.

Doddy menambahkan, saat ini pihaknya masih dalam tahap finalisasi dengan beberapa investor strategis calon pembeli PUT perseroan tersebut. Investor strategis tersebut berasal dari domestic dan asing dengan latar belakang, bidang usaha dan reputasi baik.

Dari laporan keuangan SMMA per Juni 2015 tergambar, laba perseroan mencapai Rp326,47 miliar, turun sebesar 34,8% dibanding laba pada periode yang sama 2014 sebesar Rp500,80 miliar.

Penurunan laba antara lain disebabkan oleh pendapatan SMMA yang merosot 2,96%, dari Rp7,78 triliun menjadi Rp7,55 triliun per Juni 2015.