Imbal Hasil SUN Berdenominasi Dollar AS pada Perdagangan Kemarin, Alami Kenaikan

foto : istimewa

Pasardana.id - Dari perdagangan Surat Utang Negara dengan denominasi dollar Amerika pada perdagangan Senin (10/10/2016) kemarin, imbal hasilnya kembali mengalami kenaikan dengan kenaikan imbal hasil yang cukup besar didapati pada tenor pendek.

Analis fixed income MNC Securities, I Made Adi Saputra mengungkapkan bahwa, imbal hasil dari INDO-20 ditutup dengan kenaikan sebesar 4 bps pada level 2,33% setelah mengalami koreksi harga sebesar 15 bps.

ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Sementara itu, imbal hasil dari INDO-26 dan INDO-46 ditutup dengan kenaikan imbal hasil terbatas kurang dari 1 bps di masing - masing di level 3,354% dan 4,409%,ââÅ¡¬ jelasnya kepada Pasardana.id, di Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Adapun dari perdagangan surat utang global, sambung I Made, arah pergerakan imbal hasil cukup bervariasi pada perdagangan di awal pekan.

Pasar surat utang di Amerika tutup pada hari Senin dalam rangka hari libur nasional, sementara itu imbal hasil surat utang Jerman (Bund) dengan tenor 10 tahun kembali ditutup dengan mengalami kenaikan di level 0,053% dari posisi penutupan di akhir pekan yang berada pada level 0,018%.

Sedangkan secara teknikal, jelas dia, harga Surat Utang Negara berada pada tren penurunan terutama pada tenor 1 - 10 tahun, dimana dalam jangka pendek diperkirakan masih akan bergerak dalam tren penurunan harga.

Sementara itu, pada tenor panjang di atas 10 tahun, harga Surat Utang Negara masih bergerak konsolidasi sehingga kami perkirakan pergerakan harganya masih akan terbatas.

ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Namun demikian, mulai timbulnya sinyal tren penurunan harga pada tenor panjang perlu diwaspadai oleh pelaku pasar,ââÅ¡¬ tandasnya.