Tempo Inti Media Akuisisi 50% Saham Tabloid Bintang Indonesia

Perusahaan media dan percetakan, PT Tempo Inti Media Tbk (TMPO) melalui anak usahanya PT Temprint telah mengakuisisi 50% saham PT Mediabintang Indonesia (MBI). Demikian, dikemukakan oleh Toriq Hadad, Direktur Utama Temprint dalam keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (28/1).

 

Menurut Toriq, Mediabintang Indonesia (MBI) adalah perusahaan yang menerbitkan tabloid Bintang Indonesia serta situs berita hiburan dan gaya hidup. Toriq mengatakan, Temprint akan membeli sebanyak 37.500 saham PT Sedaya Citra Media dalam MBI dan 37.500 saham milik PT Ciputra Media dalam MBI. Adapun kepemilikan para pemegang saham lama di MBI akan terdilusi sebesar 50% dari total seluruh saham MBI.

Toriq mengemukakan, Temprint selaku pemegang saham baru akan memperoleh sebagian saham yang berasal dari pemegang saham lama MBI. Setelah pengambilalihan saham rampung, lanjutnya, Sedaya Citra Media memiliki 75.000 saham dan Temprint mengantongi sebanyak 75.000 saham. ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Temprint memiliki dana yang mencukupi untuk pendanaan pengambilalihan sebanyak 75.000 saham MBI,ââÅ¡¬ kata Toriq.

Menurut Toriq, pengambilalihan saham MBI diperkirakan akan selesai dalam waktu dua bulan setelah tanggal rancangan pengambilalihan. Langkah Temprint untuk membeli 50% saham dalam MBI bertujuan mengembangkan bisnis dan kegiatan usaha yang berkonsentrasi di bidang media, penerbitan, percetakan, dan turunannya.

 

Harga saham TMPO pada perdagangan sesi pertama di BEI, Kamis (28/1) tercatat Rp77 per unit, naik Rp4 dibanding harga penutupan, Rabu (27/1) sebesar Rp73 per unit. Selama perdagangan di Bursa Efek Indonesia tahun 2015, saham TMPO turun 40%, dari Rp115 per unit pada 2 Januari 2015 menjadi Rp69 per unit pada 30 Desember 2015. (*)