Wamen Ekraf Turut Buka Jakarta x Beauty 2025
Pasardana.id – Wakil Menteri Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Ekraf (Ekraf), Irene Umar, bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, secara resmi membuka Jakarta x Beauty 2025 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis, 4 Desember 2025.
Pameran kecantikan terbesar di Asia Tenggara tersebut mengusung tema Future of Beauty dan menampilkan hampir 300 merek, dengan 70 persen di antaranya merupakan produk lokal, sebagai bentuk kolaborasi nyata dalam ekosistem industri kreatif.
“Di Jakarta x Beauty ini banyak pilar yang menjadi bagian dari ekosistem ekonomi kreatif. Mulai dari desain booth, desain produk, merek-merek lokal, hingga para kreator konten dan jastipers yang ikut memeriahkan dan membantu penjualan. Ini membuktikan bahwa tidak ada ego sektor; semua berkolaborasi untuk mendorong perekonomian,” ujar Wamen Ekraf, seperti dilansir dari siaran pers, Kamis (4/12/2025).
Acara yang diselenggarakan pada 4–7 Desember 2025 tersebut, menjadi ruang promosi bagi brand lokal untuk memperluas penetrasi ke pasar global.
Pameran tersebut juga menjadi momentum penting bagi perputaran ekonomi serta perkembangan ekosistem industri kreatif yang semakin dinamis.
Gelaran Jakarta x Beauty 2025 menjadi bukti bagaimana industri kecantikan bergerak seiring perkembangan ekonomi kreatif.
Pameran itu juga kerap menjadi magnet bagi para jastipers yang berburu produk dengan harga kompetitif.
Inovasi desain, mulai dari kemasan yang unik dan menarik hingga tata artistik stand pameran, menjadi salah satu pendorong roda ekonomi kreatif yang terus berkembang.
Lebih dari sekadar pameran kecantikan, Jakarta x Beauty juga menunjukkan bagaimana kreativitas hadir dari berbagai sisi.
Keterlibatan desainer, illustrator, brand owner, tenaga kreatif, hingga komunitas beauty enthusiast menjadikan ekosistem industri tersebut semakin kuat dan mampu menghadirkan dampak ekonomi yang signifikan.
Deputi Bidang Kreativitas Budaya dan Desain, Yuke Sri Rahayu, menyampaikan bahwa pameran itu menghadirkan banyak peluang bagi pelaku industri kreatif untuk bisa saling berkolaborasi dan membangun jejaring.
“Dalam sebuah pameran kecantikan, ekonomi kreatif hadir dari berbagai sisi. Mulai dari desainer kemasan, desainer interior, kreator konten, hingga jastipers. Kolaborasi yang tercipta mampu memperluas lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan. Harapannya, pameran seperti ini dapat berlangsung secara berkelanjutan agar semakin banyak pelaku kreatif yang dapat membangun jaringan dan menciptakan peluang yang berdampak pada pertumbuhan tenaga kerja dan ekonomi nasional,” jelasnya.
Sejak pertama kali digagas oleh Female Daily pada 2017, Jakarta x Beauty terus berkembang menjadi salah satu pameran kecantikan paling berpengaruh di kawasan.
Dimulai dengan hanya 50 brand, kini Jakarta x Beauty mampu menghadirkan hampir 300 merek dalam setiap penyelenggaraannya dan bahkan digelar dua kali dalam satu tahun.
CEO Trans Digital Lifestyle Group dan Female Daily Network, Putri Tanjung, menegaskan bahwa edisi kedua Jakarta x Beauty tahun ini dirancang untuk memberikan pengalaman menyeluruh kepada para pengunjung.
“Di event kedua ini, JxB memberikan full experience, tidak hanya menyediakan produk kosmetik untuk perempuan, tetapi juga untuk pria dan anak-anak. Kami juga bekerja sama dengan para influencer untuk menambah keseruan selama acara berlangsung. Bahkan, sudah ada 17 ribu jastipers yang bergabung dalam event ini,” ungkap Putri.

