Adopsi AI, Bank Danamon Permudah Kerjaan Karyawan

foto: dok. Bank Danamon

Pasardana.id - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (IDX: BDMN) telah mengintegrasikan solusi SAP Business AI, termasuk kopilot AI generatif Joule dari SAP, ke dalam proses SDM mereka.

Langkah itu diharapkan membantu meningkatkan efisiensi tugas-tugas yang berhubungan dengan karyawan, mulai dari perencanaan hingga pengambilan keputusan.

SAP Business AI, terintegrasi dengan aplikasi SAP yang mendukung proses bisnis strategis, telah digunakan oleh 46.000 pelanggan di Asia Pasifik dan Jepang.

Solusi ini menggabungkan berbagai inovasi AI yang dikembangkan berdasarkan data industri dan pengetahuan proses yang mendalam, dengan tetap mengedepankan praktik AI yang bertanggung jawab.

Dengan mengintegrasikan SAP Business AI ke dalam SAP SucessFactors, Bank Danamon ingin meningkatkan keterlibatan karyawan melalui wawasan yang dihasilkan AI.

Kemudian, melakukan penyelarasan kandidat yang dipersonalisasi dalam proses perekrutan, dan mengakses semua informasi melalui satu platform SDM yang terpusat.

Sentralisasi data ini juga membantu mengurangi risiko keamanan data, dengan memanfaatkan sistem keamanan dan manajemen basis data SAP.

Business Process and Digitalization Head Corporate Human Resources Bank Danamon, Handri Yustant menuturkan, Bank Danamon memprioritaskan manajemen layanan berkualitas dan sangat bergantung pada SDM sebagai aset.

"Implementasi SAP Business AI mendukung peran kami sebagai mitra bisnis strategis, membebaskan karyawan untuk melakukan tugas-tugas yang lebih produktif di luar tugas administratif," katanya, Kamis (25/7/2024).

Sementara itu, Managing Director SAP Indonesia, Andreas Diantoro menyatakan, Bank Danamon adalah organisasi yang berpikiran maju dengan budaya inovasi yang kuat.

Mengintegrasikan SAP Business AI ke dalam proses HR mereka, membantu mencapai percepatan inovasi, pengalaman pengguna yang lebih baik, operasi yang lebih efisien, dan memberdayakan karyawan.

"Teknologi ini bertujuan untuk mengubah cara sektor layanan perbankan mengelola sumber daya manusia, mempromosikan kinerja terbaik, dan kualitas layanan yang unggul. Kami bersemangat untuk mendukung Bank Danamon dalam era baru transformasi bisnis yang digerakkan oleh AI, terus melakukan perbaikan dalam pengalaman dan proses pekerjaan karyawan," tutur Andreas.