RUPST Easycash Tunjuk Nucky Poedjiardjo Djatmiko Sebagai Direktur Utama

foto : istimewa

Pasardana.id - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 PT Indonesia Fintopia Technology (Easycash), platform fintech peer-to-peer (P2P) lending yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang diselenggarakan pada tanggal 14 Juni 2024 lalu, menyetujui estafet kepemimpinan untuk jajaran Direksi serta Dewan Komisaris perseroan.

Melansir siaran pers, Sabtu (22/6) disebutkan, dalam rapat tersebut, pemegang saham perusahaan menyampaikan persetujuannya terhadap pengunduran diri Dr. Jonathan Chang sebagai Direktur Utama dan menunjuk Nucky Poedjiardjo Djatmiko sebagai Direktur Utama (efektif setelah fit and proper test OJK). 

Perubahan kepemimpinan ini menjadi langkah strategis bagi Easycash dalam menghadapi dinamika industri fintech P2P lending yang berkembang pesat.

Dengan masuknya Nucky sebagai nahkoda baru, Easycash diharapkan dapat mengambil langkah strategis yang tepat untuk terus mempertahankan performa bisnis yang positif dan secara aktif turut berkontribusi dalam membangun industri LPBBTI yang kuat.

Sebelum bergabung dengan Easycash, Nucky menjabat sebagai Direktur Utama PT. Uangme Fintek Indonesia (UangMe) yang juga bergerak di bidang jasa keuangan.

Nucky berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam dunia startup teknologi, mendirikan beberapa perusahaan seperti Rumah123, Mobil123, dan Nonton.com.

Pasca penunjukan dirinya tersebut, Nucky menyampaikan visinya untuk Easycash.

“Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk memimpin Easycash. Saya percaya saat ini adalah waktu yang penting bagi perusahaan untuk terus memperkuat literasi keuangan masyarakat dan terus menjalankan kegiatan operasional secara optimal dan prudent," kata Nucky. 

Selain itu, pemegang saham juga menyetujui pengangkatan Jimmy Muhamad Rifai Gani sebagai Komisaris Utama (efektif setelah fit and proper test OJK).

Jimmy mulai bergabung dengan Easycash pada tahun 2022 sebagai Senior Advisor yang memberikan nasihat pada jajaran Direksi terkait penguatan talenta perusahaan serta tata kelola perusahaan yang baik.

Jimmy yang saat ini juga menjabat sebagai CEO Bakrie Center Foundation, memiliki segudang pengalaman di posisi Direksi maupun Dewan Komisaris di BUMN, perusahaan swasta, maupun institusi pendidikan. 

Sementara itu, pemegang saham juga mengangkat Hu Zezhong sebagai Direktur (efektif setelah fit and proper test OJK).

Hu Zezhong, yang sebelumnya telah menjabat sebagai Engineering General Manager di Easycash, membawa pengalaman yang luas dalam bidang teknologi dan pengembangan perangkat lunak serta telah berkontribusi dalam peningkatan kualitas teknologi informasi yang merupakan salah satu aspek fundamental bagi operasional Easycash.

Sebelum bergabung di Easycash, Hu menjabat sebagai Senior Support Engineer di SAP dan Software Engineer di Shanghai Alcatel Network Support System Co., Ltd.

Dengan latar belakang ini, Hu diharapkan dapat memperkuat tim manajemen dan membawa inovasi baru dalam pengembangan teknologi Easycash.

Di samping itu, Victor Laoh yang menjabat sebagai Direktur dan Freddy Karyadi yang menjabat sebagai Komisaris terus mendapatkan kepercayaan pemegang saham untuk melanjutkan performa baiknya di Easycash.

Sementara itu, RUPST juga menyatakan persetujuan atas laporan Direksi dan Dewan Komisaris untuk laporan keuangan tahun 2023.

Dimana, perseroan berhasil menjaga performa bisnis positif pada saat tingginya kompetisi di industri dan melakukan peningkatan pada aspek tata kelola, manajemen risiko, dan kepatuhan. 

“Selain mencatatkan hasil positif, perusahaan juga mencatatkan performa penyaluran pendanaan yang baik. Easycash menduduki peringkat kedua penyaluran pendanaan terbesar di antara para pelaku industri pada tahun 2023. Data ini berdasarkan dokumen Roadmap OJK untuk industri Layanan Pendanaan Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) periode 2023-2028,” ujar Dr. Jonathan Chang, Direktur Utama Easycash pada acara RUPST tersebut. 

Pencapaian ini menegaskan posisi Easycash sebagai salah satu platform terbesar dalam industri dan mencerminkan pertumbuhan bisnis yang signifikan serta keberhasilan strategi yang dijalankan oleh perusahaan di bawah kepemimpinan Dr. Jonathan Chang selaku Direktur Utama.

Diketahui, sepanjang tahun 2023, Easycash berhasil menjalin kerja sama loan channeling dengan SeaBank (PT Bank SeaBank Indonesia), Bank Jago (PT Bank Jago Tbk - IDX: ARTO), dan Superbank (PT Super Bank Indonesia). 

Dr. Jonathan Chang, yang telah memimpin Easycash sejak tahun 2022, mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian perusahaan selama masa jabatannya.

“Saya bangga telah menjadi bagian dari pertumbuhan dan kesuksesan Easycash. Selama dua tahun ini, kami meraih berbagai pencapaian, termasuk menembus jumlah penyaluran pendanaan tertinggi sejak perusahaan didirikan.  Keberhasilan ini berkat kerja keras dan dedikasi seluruh tim yang bersinergi dalam mewujudkan visi perusahaan menjadi platform P2P lendingterkemuka di dunia. Fokus strategis kami adalah mengedepankan ketahanan finansial dan kepatuhan terhadap regulasi untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di tengah persaingan pasar yang semakin ketat,” kata Jonathan.