Meski Terus Ekspansi, CLEO Bakal Bagi Dividen Sebesar Rp 60 Miliar
Pasardana.id - Emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), bagian dari Tanobel Group, PT Sariguna Primatirta Tbk (IDX: CLEO) berencana membagikan dividen untuk para pemegang sahamnya, dengan jumlah total sebesar Rp60 miliar.
Jumlah dividen yang dibagikan ini setara 20% dari total laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk di tahun 2023.
Adapun pada tahun 2023, CLEO berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 24,85% menjadi Rp2,09 triliun, dari penjualan bersih tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp1,67 triliun.
"Pembagian dividen ini merupakan bagian dari penghargaan dari Perseroan terhadap para pemegang saham yang telah berkenan menginvestasikan dananya pada saham CLEO. Berkat partisipasi dan kepercayaan para pemegang saham, CLEO dapat terus tumbuh berkembang secara berkesinambungan. Kami pastikan, pembagian sebagian laba bersih sebagai dividen ini tidak akan menghalangi kegiatan ekspansi yang terus gencar dilaksanakan," kata Melisa Patricia, CEO dari CLEO, dalam keterangan pers, Kamis (30/5).
Diketahui, perseroan tengah gencar ekspansi ke berbagai wilayah di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.
Dalam rangka terus memperluas jangkauan kepada para pelanggan sekaligus semakin mempersolid kerja tim distribusi, CLEO telah melakukan integrasi vertikal atas supply chain bisnis distribusi yang selama ini dijalankan PT Sentralsari Primasentosa (PT SPS).
Integrasi vertikal ini diharapkan akan semakin meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja dari tim distribusi.
Selain itu, pada tahun ini, CLEO akan melebarkan ekspansi di beberapa wilayah di Indonesia, diantaranya dengan membuka tiga pabrik baru, masing-masing ada di Pontianak, Pekanbaru, dan Palu.
Dengan demikian, pada akhir 2024 total pabrik milik Perseroan yang beroperasi akan menjadi 35 pabrik.
Untuk keperluan ekspansi tersebut, Perseroan telah menganggarkan belanja modal (capex) tahun 2024 sebesar Rp450 miliar.
Sejauh ini, hingga kuartal pertama 2024, perseroan terus menunjukkan kinerja yang positif, dimana penjualan bersih Perseroan meningkat 38% YoY, dari Rp455,4 miliar menjadi Rp 626,5 miliar.
Sementara laba bersih juga tumbuh signifikan sebesar 92% YoY dari Rp59,9 miliar menjadi Rp115,3 miliar.
Di sisi lain, sebagai salah satu Perusahaan Terbuka yang senantiasa ingin berkontribusi untuk perekonomian Indonesia, CLEO turut mendukung bisnis UMKM lokal dengan menghadirkan festival kuliner yang diadakan secara tahunan di berbagai wilayah di Indonesia.
Tahun ini, festival kuliner CLEO diselenggarakan di Semarang pada 25-26 Mei 2024 dengan tema “Murni Rasa Nusantara”.
Festival ini menghadirkan 100 tenant kuliner dan UMKM lokal, serta dimeriahkan dengan acara fun walk dan pembagian doorprize.
Festival kuliner serta acara lainnya yang rutin digagas merupakan upaya Perseroan untuk terus memperkenalkan brand CLEO kepada masyarakat.