Cinema XXI Raup Laba Rp141,5 Miliar Pada Kuartal I 2024

foto : dok. CNMA

Pasardana.id -  PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (IDX: CNMA) meraih pendapatan sebesar Rp1,3 triliun, atau meningkat 47,6 persen dibanding kuartal-1 2023 yang tercatat sebesar Rp883,3 miliar.

Peningkatan pendapatan tersebut menghasilkan peningkatan EBITDA sebesar 107,2 persen atau sebesar Rp382,5 miliar.

Alhasil, CNMA meraih laba bersih sebesar Rp141,56 miliar, atau membaik dibanding kuartal I 2023 yang tercatat rugi senilai Rp24,45 miliar.

Direktur Utama CNMA, Suryo Suherman mengatakan, pencapaian ini merupakan sinergi dari strategi Perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan dukungan konten film yang membantu menarik penonton datang ke bioskop.

Pemilihan lokasi bioskop yang tepat dalam ekspansi usaha juga menjadi salah satu kunci peningkatan penjualan Perusahaan, di samping inovasi di sektor F&B.

Sepanjang tiga bulan pertama tahun ini, Cinema XXI telah membuka 4 lokasi bioskop baru dan menambah 19 layar baru.

Dengan demikian, hingga akhir Maret 2024, Cinema XXI mengoperasikan 244 bioskop dengan total 1.301 layar di 61 kota/kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia.

Perolehan jumlah penonton naik dari 13,5 juta di kuartal-1 2023 menjadi 21,1 juta di kuartal-1 2024.

Kenaikan penjualan tiket ini mendorong angka pendapatan tiket naik menjadi Rp825,8 miliar, naik dari Rp530,3 miliar pada periode yang sama tahun 2023.

“Pendapatan dari penjualan tiket bioskop masih menjadi kontributor paling besar, yakni mencapai 63,4 persen terhadap total pendapatan, diikuti oleh pendapatan dari lini bisnis makanan dan minuman yang berkontribusi sebesar 33 persen,” terang Suryo dalam keterangan resmi, Selasa (30/4/2024).

Sebagai kelompok bioskop terbesar di Indonesia yang memiliki pengalaman lebih dari 35 tahun di industri pertunjukan film, lanjut Suryo, Cinema XXI akan terus berupaya menjaga momentum pertumbuhan yang positif ini ke depannya.

Cinema XXI akan terus memperluas pelayanannya melalui pembukaan bioskop baru termasuk penambahan layar dan terus melakukan peningkatan kualitas sinematik serta inovasi produk makanan dan minuman.

“Cinema XXI memastikan untuk selalu memberikan pengalaman menonton terbaik dan tanpa kompromi dengan harga terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Kami menargetkan penambahan sekitar 100 layar baru pada tahun 2024 yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Kami berharap, Cinema XXI dapat menjadi rumah kedua untuk menikmati waktu berkualitas bersama keluarga dan teman,” kata Suryo.

Di kesempatan yang sama, Direktur CNMA, Dody Suhartono mengungkapkan, bahwa peningkatan jumlah penonton turut mendorong pertumbuhan pendapatan lini usaha produk makanan dan minuman, yang mengalami peningkatan sebesar 38,3 persen menjadi Rp429,7 miliar dari Rp310,7 miliar pada kuartal-1 2023.

“Ke depan, perusahaan akan terus melahirkan inovasi produk makanan dan minuman berkualitas tinggi untuk semakin melengkapi kenyamanan menikmati film di bioskop Cinema XXI,” jelas Dody.