BREN Resmi Kuasai Pembangkit Tenaga Angin Sidrap Senilai USD 102.2 Juta

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Barito Wind Energy (Barito Wind), anak usaha PT Barito Renewables Energy Tbk (IDX: BREN) telah menyelesaikan akuisisi 99,99 persen saham di PT UPC Sidrap Bayu Energy (Sidrap).

Adapun penjualnya terdiri dari UPC Renewables Asia Pacific Holding Pte. Ltd., ACEN Renewables International Pte. Ltd., UPC Renewables Asia III Limited, Sidrap (HK) Limited, dan Sunedison Sidrap B.V.

CEO BREN, Hendra Tan mengatakan, selesainya akuisisi strategis ini menandai ekspansi perseroan ke dalam sektor energi angin, melengkapi rekam jejak yang sudah ada di sektor geothermal, dan menegaskan komitmen untuk turut mengantarkan energi berkelanjutan di Indonesia.

“Kami secara signifikan merealisasikan misi untuk mendorong pertumbuhan energi berkelanjutan di Indonesia. Langkah strategis ini tidak hanya menambah aset energi angin ke dalam portofolio kami, namun juga mengukuhkan dedikasi kami untuk memimpin solusi energi terbarukan untuk masa depan yang lebih hijau,” papar dia kepada media, Rabu (3/4/2024).

Ia menjelaskan, pendanaan untuk akuisisi ini didukung oleh Bank Negara Indonesia (IDX: BBNI) yang merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan fokus yang kuat pada pembiayaan proyek-proyek hijau.

"Kami menyampaikan apresiasi kami atas dukungan BNI. Kemitraan kami dalam akuisisi ini menjadi bukti komitmen bersama kami terhadap energi terbarukan. Kami berharap dukungan keuangan seperti ini akan terus berkembang di masa depan," ujar Hendra Tan.

Selain akuisisi Sidrap dan OMI, jelas dia, Barito Wind juga telah menyelesaikan akuisisi tiga aset pengembangan pembangkit tenaga angin tahap akhir dengan kapasitas gabungan potensial 320 MW yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan (Sidrap 2), Sukabumi, dan Lombok di Indonesia.

Dalam tiga aset pengembangan pembangkit tenaga angin tahap akhir, Barito Wind memiliki 51 persen saham dan 49 persen sisanya dimiliki oleh ACEN Investments HK Limited (ACEN HK), anak usaha dari ACEN Renewables International, yang merupakan bagian dari ACEN Corporation dan merupakan mitra strategis jangka panjang dari Barito Renewables.

“Barito Renewables juga memiliki anak usaha Star Energy Geothermal yang mengoperasikan unit pembangkit Wayang Windu, Salak, dan Darajat yang terletak di Jawa Barat dengan kapasitas terinstalasi total 886 MW,” pungkas dia.  

Untuk diketahui, UPC Sidrap Bayu Energy terletak di Sulawesi Selatan, Sidrap merupakan pembangkit listrik tenaga angin pionir di Indonesia, dengan kapasitas 75 MW dan menduduki peringkat salah satu yang terbesar di negara ini.

Termasuk ke dalam akuisisi ini adalah; PT Operation and Maintenance Indonesia (OMI), perusahaan yang memegang peranan penting dalam mendukung kegiatan operasional Sidrap.