Grup UOB Akan Salurkan Pembiayaan Hijau Hingga 30 Miliar SGD

Foto : Dok. Pasardana.id

Pasardana.id - Grup United Overseas Bank Limited (UOB) turut serta dalam menekan emisi ke angka nol pada tahun 2050, dengan pembiayaan ke sektor energi hijau dan industri penghematan energi sebesar 30 miliar Singapura Dolar (SGD) dalam kurun waktu 2022-2025.

Target pembiayaan ekonomi hijau itu disampaikan Managing Director & Head Construction Infrastructure Sector Solutions Group UOB Singapore, Jaspar Wong dalam peluncuran program U-Energy, Kamis (23/6/2022).

“Grup UOB sangat mendukung upaya penekanan nol emisi tahun 2050 dan 2060 oleh pemerintah Indonesia. Untuk itu, grup UOB menargetkan penyaluran pembiayaan hijau 30 SGD hingga 2025,” ungkap dia.

Untuk menopang rencana itu, UOB Indonesia - salah anak usaha grup UOB, meluncurkan wahana pembiayaan terintegrasi dalam mendorong pengembangan dan proyek penghematan energi bagi bangunan di Indonesia.

Menurut Wholesale Banking Director UOB Indonesia, Harapman Kasman, pemilik bangunan dan rumah, banyak yang menyatakan minat penghematan energi, tapi sering mengalami kekurangan dukungan dana.

“Dengan program U-Energy ini, kami akan memberikan layanan pembiayaan disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, pemilik rumah ingin memasang panel surya, maka dapat menggunakan layanan kartu kredit UOB,” kata dia.

Ia melanjutkan, pemilik bangunan industri dan komersil juga dapat memilih pembelian langsung peralatan atau skema penghematan energi dengan pembiayaan hijau UOB.

Berdasarkan skema ini, pemilik bangunan dapat memperoleh pinjaman, dengan menyetujui pemanfaatan peralatan yang optimal dan sistem penyesuaian ukuran alat-alat oleh mitra U-Energy.

“Guna menjamin kecepatan, pengajuan pinjaman dari pemilik bangunan yang sudah menjadi nasabah UOB, akan diproses cepat untuk memperoleh persetujuan. Sebagai alternatif, pemilik bangunan dapat mengadopsi model “energy-as-service” dan dalam hal ini, UOB akan menyediakan pinjaman hijau bagi mitra U-Energy tanpa biaya di muka bagi pemilik bangunan,” papar dia.

Harapman menambahkan, wahana U-Energy akan bekerjasama dengan empat penyedia jasa energi lokal yang dapat dimanfaatkan nasabah dalam proyek efisiensi energi, antara lain; PT Amerindo Energy Solutions, Barghest Building Performance, G-Energy, dan Schneider Electric.

Mitra-mitra U-Energy ini dapat mendukung proyek efisiensi energi, seperti dalam hal mendukung pemanfaatan penekan energi pendingin udara, pemasangan panel surya di atap, peralihan ke lampu LED, pengoptimalan sistem pengeolaan listrik dan energi, pengubahan muka bangunan untuk memantulkan cahaya matahari langsung guna mengurangi penyerapan panas, serta mengganti tangga berjalan dengan teknologi regenerasi energi.