Telkomsat Bangun Satelit Rp3,8 Triliun, TLKM Siapkan Dana Sebesar Rp1,2 Triliun

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Telkom Satelit Indonesia atau Telkomsat akan membangun satelit HTS (High Throughput Satellite) senilai Rp3,8 triliun yang akan mulai beroperasi pada tahun 2024.

Rencana pengadaan satelit dilakukan dalam rangka penambahan kapasitas satelit nasional berbasis teknologi HTS untuk melengkapi portofolio Telkom Group guna memperkuat infrastruktur digital connectivity agar lebih kompetitif dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar satelit Indonesia yang diperkirakan masih tinggi di masa mendatang.

Mengutip keterangan TLKM pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (6/4/2022) bahwa telkomsat akan mendanai proyek itu dari ekuitas dengan porsi 50 persen dan 50 persen dari pinjaman.

“Sekitar Rp1,2 triliun direncanakan dalam bentuk shareholder loan dari TLKM dengan pembayaran bertahap, disesuaikan dengan termin pembayaran kepada mitra kontraktor satelit,” tulis manajemen TLKM.

Dijelaskan, TLKM telah menyalurkan pinjaman ke Telkomsat pada bulan  November dan Desember 2021 serta Maret 2022 dengan jumlah total sebesar Rp750 miliar.

Adapun pemberian pinjaman berikutnya akan menyesuaikan dengan perkembangan pembangunan satelit.

Pinjaman dari pemegang saham itu akan jatuh tempo dalam 7 tahun mendatang dan dikenakan bunga JIBOR 3 bulan + 2,5 persen