Aliran Minyak Irak-Turki Sempat Terhenti, Harga Minyak Dunia Naik

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia naik pada Rabu (19/1/2022) setelah aliran minyak mentah dari Irak ke Turki sempat terhenti akibat terjadinya kebakaran.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari 2022 naik US$1,53 menjadi US$86,96 per barel yang merupakan harga tertinggi sejak 9 Oktober 2014 di New York Mercantile Exchange.

Harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari 2022 meningkat 93 sen, atau sekitar 1,1 persen, menjadi US$88,44 per barel yang merupakan harga tertinggi sejak 13 Oktober 2014 di London ICE Futures Exchange.

Sebuah tiang listrik rubuh menimpa jaringan pipa minyak di tenggara Turki sehingga menimbulkan ledakan. Kerusakan yang ditimbulkan kebakaran telah diperbaiki sehingga jaringan pipa tersebut dapat kembali beroperasi.

Jaringan pipa dari Kirkuk ke Ceyhan mengalirkan minyak dari utara Irak ke pelabuhan Turki untuk ekspor. Irak merupakan negara produsen minyak terbesar kedua OPEC (Organisation of the Petroleum Exporting Countries).