Kejar Modal Inti Rp2 Triliun, BNBA Akan Right Issue 750 Juta Saham

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Bank Bumi Arta Tbk (IDX: BNBA) akan menggelar Penambahan Modal Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau right issue dengan melepas sebanyak 750 juta lembar saham bernominal Rp100 per saham.

Melansir prospektus right issue emiten bank ini yang diunggah pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (16/9/2021), bahwa porsi saham yang akan dilepas itu setara dengan 32,47 persen dari modal disetor.

Direncanakan, pelaksanaan right issue akan dilaksanakan sebelum tanggal 31 Desember 2021. Pasalnya, waktu itu sebagai tenggat akhir kewajiban pemenuhan modal inti minimun sebesar Rp2 triliun, sebagaimana diatur dalam POJK 12/POJK.03/2020 tentang Konsolidasi Bank Umum.

“Perkiraan secara garis besar rencana penggunaan dana yang diperoleh dari PMHMETD I setelah dikurangi biaya-biaya emisi adalah untuk tambahan modal kerja dan/atau belanja modal perseroan,” tulis manajemen BNBA.

Untuk memuluskan rencana itu, BNBA akan meminta persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan digelar tanggal 25 Oktober 2021.