MAPI Bukukan Laba Bersih Triwulan II 2021 Sebesar Rp269,6 Miliar

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Mitra Adiperkasa Tbk (IDX: MAPI), perusahaan ritel gaya hidup terkemuka di Indonesia, mengumumkan berlanjutnya momentum bisnis perseroan di Triwulan II 2021.

Pada kuartal II 2021 ini, pendapatan bersih perseroan tercatat tumbuh menjadi Rp4,8 triliun, dengan margin laba kotor 43,5%.

Laba usaha MAPI tercatat sejumlah Rp496,3 miliar, dan EBITDA Rp1,0 triliun, sementara laba bersih tercatat Rp269,6 miliar.

VP Investor Relation, Corporate Communications dan Sustainability MAP Group, Ratih D. Gianda menyatakan, penjualan online perseroan sangat luar biasa pada kuartal II karena konsumen merasa lebih nyaman untuk berbelanja pada berbagai kanal online perseroan.

"Selain itu, dengan adanya relaksasi pembatasan, secara bertahap kami menambah jam operasional dan dapat menyediakan banyak produk baru. Hal ini didukung oleh tingginya permintaan, sehingga menorong penjualan pada periode lebaran," beber Ratih, dalam siaran pers, Selasa (3/8).

Pada Semester I 2021, perseroan berhasil mencetak pendapatan bersih Rp9,1 triliun. Jumlah tersebut naik signifikan 33,90% year on year (yoy) dari sebelumnya Rp6,8 triliun. 

Perseroan mencetak laba bersih periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk Rp271,70 miliar, atau meningkat dibanding semester I 2021 yang masih menanggung rugi Rp407,93 miliar. 

Meski mencetak kinerja yang bagus di kuartal II, pengetatan pembatasan yang kembali dilakukan oleh pemerintah pada bulan Juni dinilai manajemen masih menjadi tantangan bagi pertumbuhan kinerja perusahaan ke depan. 

Manajemen MAPI mencermati, kinerja yang positif sejauh ini mencerminkan capaian investasi Unified Retail perusahaan selama 12 bulan terakhir. 

Unified Retail MAP merupakan strategi yang menghubungkan gerai ritel online dan offline dengan MAP CLUB loyalty app. 

Startegi tersebut dinilai berjalan sesuai recana, sehingga kontribusi  penjualan dari para anggota MAP CLUB kembali meningkat untuk 10 kuartal berturut-turut dan saat ini mencakup separuh penjualan grup. 

Selain strategi digital Unified Retail, MAPI merasakan adanya kenaikan permintaan untuk portofolio merek MAP yang luas, meliputi Fashion, Health & Beauty, Sports, Food & Beverage, perlengkapan edukasi anak usia dini, Department Stores, juga perangkat Digital berikut dengan aksesorisnya.