Investor Kian Menyemut, Literasi Jadi Penting

foto : dok. IPOT

Pasardana.id - Semakin meningkatnya jumlah investor reksa dana perlu dibarengi dengan peningkatan literasi dan pasar modal yang inklusif serta pengelolaan reksa dana dengan baik dan terpercaya.

Direktur Utama Indo Premier Sekuritas, Moleonoto The mengatakan, pemulihan dan peningkatan ekonomi menambah optimis investasi di pasar modal, khususnya reksa dana, yang akan semakin berkembang dan menjadi pilihan masyarakat dalam berinvestasi untuk mempersiapkan masa depan finansial yang lebih baik lagi.

“Dengan mengusung optimisme tersebut, PT Indo Premier Sekuritas melalui IPOTFund sebagai pelaku pasar merasa bertanggung jawab dalam upaya meningkatkan literasi masyarakat Indonesia terkait pasar modal. Komitmen ini kami wujudkan melalui FestiFund 2021," tegasnya, kepada awak media, Jumat (27/8/2021).

Ia membeberkan, berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor reksa dana saat ini telah mencapai lebih dari 5 juta orang.

Jumlah investor reksa dana ini meningkat 63 persen dibandingkan di akhir tahun 2020, yang baru mencapai 3 juta orang.

Adapun jumlah produk reksa dana di Indonesia hingga awal Agustus 2021, telah mencapai lebih dari 2.200 produk dengan nilai aktiva bersih seluruh reksa dana mencapai Rp550 triliun, dengan total 98 Manager Investasi (MI) dan 71 APERD.

“Dengan kata lain, antusiasme masyarakat dalam menata pengelolaan keuangan yang lebih baik dan minat berinvestasi di pasar modal semakin meningkat,” kata dia.

Adapun FestiFund merupakan kegiatan edukasi pasar modal tahunan berkonsep online festival yang bertujuan mengenalkan produk reksa dana sebagai alternatif investasi bagi new investor, yang mencari produk investasi mudah, aman, efisien, dan cocok untuk semua profil risiko dan tujuan investasi.