Soal Penundaan Tampilan Fitur Baru Perdagangan, BEI Akui Belum Siap

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) menunda tampilan fitur baru pada JATS (Jakarta Automated Trading System) hingga tanggal 6 Desember 2021.

Sebelumnya, regulator bursa akan menampilkannya pada tanggal 26 Juli 2021.

Menurut Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Laksono Widodo bahwa penundaan itu lebih kepada kesiapan sistem perdagangan BEI.

“Karena ini menyangkut mesin perdagangan utama di BEI, masih ada proses bug fixing (proses untuk memperbaiki kodingan-kodingan yang salah - Red). Kami hanya akan melakukan perubahan apabila sudah ada keyakinan bahwa semua issue teknis sudah terjawab,” papar dia kepada media, Senin (26/7/2021).

Adapun jenis fitur baru pada pesanan JATS itu, menurut dia, merupakan pesanan pasar atau market order yang cukup hanya memasukan volume tanpa perlu memasukan harga. Kemudian pesanan itu ditemukan dengan harga yang tersedia di orderbook atau daftar pesanan beli dan jual.

Sehingga fitur pesanan JATS akan ada dua jenis.

Pertama, pesanan terbatas. Pada fitur ini yang berlaku diseluruh sesi perdangan, pesanan akan dijumpakan dengan harga yang sama atau lebih baik.

Sedangkan fitur kedua, fitur pesanan pasar yang akan muncul pada tanggal 6 Desember 2021 itu merupakan pesanan yang akan dilindungi fitur sweep limit untuk mencegah pesanan menghabisakan seluruh orderbook.

Pada sesi I dan II untuk fitur baru ini akan berlaku pesanan diperjumpakan secara seketika dengan keseluruhan volume atau tidak sama sekali. Dalam fitur ini tidak memungkinkan perjumpaan sebagian pesanan.

Namun terdapat pilihan dengan menggunakan metode market to limit yang berlaku pada sesi I dan II. Dengan metode ini, pesanan diperjumpakan secara seketika. Jika ada sisa volume, maka akan dikonversi menjadi pesanan terbatas secara otomatis.

Sedangkan pada saat pra pembukaaan dan pra penutupan sesi I dan II, fitur baru ini akan memperjumpakan pesanan secara seketika. Jika terdapat sisa, maka secara otomatis dibatalkan.

Adapun pada pra penutupan dan pra pembukaan dimungkinkan adanya perjumpaan sebagian.