Catatan Obligasi dan Sukuk di BEI Capai 49 Emisi Rp52,81 Triliun

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Total emisi obligasi dan sukuk yang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia sepanjang tahun 2021 mencapai 49 emisi dari 35 emiten. Dari jumlah itu, nilainya mencapai Rp52,81 triliun.

Emisi obligasi dan sukuk di BEI bertambah seiring pencatatan Obligasi Berkelanjutan V Adira Finance Tahap II Tahun 2021 dan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan IV Adira Finance Tahap II Tahun 2021 yang diterbitkan oleh PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (IDX: ADMF), Senin (26/7/2021).

Dari dua emisi ini, Adira Finance mencatatkan nilai Rp1,5 triliun.

Obligasi Berkelanjutan V Adira Finance Tahap II Tahun 2021 dengan jumlah dana Obligasi sebesar Rp1,3 triliun.

Obligasi ini terdiri dari dua seri, yakni Seri A dengan tingkat bunga tetap sebesar 4,25% per tahun dengan nilai nominal Rp559 miliar dan jangka waktu 370 hari kalender, serta Seri B dengan tingkat bunga tetap sebesar 5,50% per tahun dengan nilai nominal Rp741 miliar dan jangka waktu 36 bulan.

Hasil pemeringkatan dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) untuk Obligasi adalah (id)AAA (Triple A). Bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Sementara, Sukuk Mudharabah Berkelanjutan IV Adira Finance Tahap II Tahun 2021 dengan jumlah dana Sukuk sebesar Rp200 miliar juga terdiri dari dua seri. 

Seri A dengan Pendapatan Bagi Hasil Sukuk Mudharabah yang dihitung berdasarkan perkalian Nisbah Pemegang Sukuk Mudharabah sebesar 35,42% dari Pendapatan yang Dibagihasilkan dengan indikasi bagi hasil sebesar ekuivalen 4,25% per tahun dengan nilai nominal Rp134 miliat dan jangka waktu 370 hari kalender.

Adapun Seri B dengan Pendapatan Bagi Hasil Sukuk Mudharabah yang dihitung berdasarkan perkalian Nisbah Pemegang Sukuk Mudharabah sebesar 45,83% dari Pendapatan yang Dibagihasilkan dengan indikasi bagi hasil sebesar ekuivalen 5,50% per tahun dengan nilai nominal Rp66 miliar dan jangka waktu 36 bulan.

Hasil pemeringkatan dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) untuk Sukuk Mudharabah adalah (id)AAAsy (Triple A Syariah). Bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (IDX: BBNI).