Vaksinasi Gratis, Sri Mulyani : Anggarannya Lebih Dari Rp74 Triliun

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memastikan pemerintah siap menyediakan anggaran mencapai Rp74 triliun untuk pelaksanaan vaksin covid-19.  

Pasalnya, Presiden Joko Widodo telah menyatakan bahwa vaksinasi bagi masyarakat adalah gratis.

"Sesudah Presiden menetapkan bahwa vaksinasi akan dilakukan secara gratis anggarannya bisa akan mencapai lebih dari Rp74 triliun," kata dia dalam webinar di Jakarta, Senin, (4/1/2021).

Menurutnya, anggaran yang disiapkan pemerintah tersebut bukan angka yang sedikit.

Belum lagi pemerintah juga tetap mengalokasikan anggaran kesehatan lainnya yang ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Untuk 2021, pemerintah mengalokasikan anggaran penanganan covid-19 sebesar Rp25,4 triliun.

Untungnya, pemerintah juga masih memiliki sisa anggaran tahun lalu yang di-earmarked sebesar Rp47,07 triliun sehingga bisa dimanfaatkan tahun ini.

Pada tahun 2020 lalu, realisasi anggaran kesehatan untuk penanganan covid-19 adalah Rp63,51 triliun dari pagu Rp99,5 triliun.

Anggaran digunakan untuk insentif tenaga kesehatan, santunan kematian tenaga kesehatan, hingga belanja pengadaan tiga juta vaksin Sinovac.

"Sudah ada Rp99,5 triliun yang dialokasikan khusus penanganan covid-19 dan ini dipakai untuk Satgas, BNPB, Kemenkes, BPOM dan bahkan masuk kepada perusahaan Bio Farma yang harus mengadakan vaksinasi," pungkasnya.