Rakernas Bareng Jokowi, Mentan Targetkan Ekspor Pertanian Naik Tiga Kali Lipat

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo  mengatakan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2021 dengan tema memperkuat Peran Sektor Pertanian dalam Menopang Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19 memaparkan program utama diantaranya meningkatkan ekspor hingga tiga kali lipat.   

Dalam Rakernas yang digelar pada Senin, (11/1/2021), dihadapan Presiden Jokowi, Mentan menyatakan, arah kebijakan pembangunan sektor pertanian yang telah ditetapkan Kementerian Pertanian (Kementan) kedepannya adalah 3 M, yakni maju, mandiri, dan modern.

“Arah dan kebijakan ini menjadi pedoman untuk bertindak cerdas, tepat dan cepat bagi jajaran Kementrian Pertanian dalam mencapai kinerja yang lebih baik dan maju sesuai dengan arahan Bapak Presiden,” kata Syahrul dalam sambutannya.

Menurutnya, ada lima cara bertindak yang dilakukan Kementan untuk sektor pangan Indonesia.

Pertama, peningkatan kapasitas produksi. Syahrul mengatakan, akan mengoptimalkan sumber daya nasional dan lokal, serta memanfaatkan perkembangan teknologi, untuk bisa meningkatkan produktivitas pertanian dalam negeri. 

Kedua, diversifikasi pangan. Ini dilakukan dengan memanfaatkan semua pangan lokal yang ada di setiap provinsi untuk dikembangkan, sehingga pangan pokok tak hanya bergantung pada beras saja.

Ketiga, mendorong pembangunan lumbung pangan. Syahrul mengatakan, lumbung pangan harus disediakan dalam skala desa, kabupaten, provinsi, dan nasional. 

Keempat, mendorong pertanian modern, yang menurut Syahrul saat ini sudah mulai dilakukan dengan teknik sungkup, mulsa, dan rumah tanam (green house)

Serta kelima, mendorong ekspor pertanian tiga kali lipat. "Mekanisasi dan korporasi dilakukan dari hulu sampai hilir pertanian," kata dia.

Pada Rakernas kali ini dilakukan penandatanganan MoU antara Kementrian Pertanian dan Kementrian BUMN dan BKPM. Rakernas ini juga dihadiri 1.300 peserta yang dihadiri secara virtual baik online maupun offline.