Anak Usaha ITMG Kembali Hijaukan 3.040 Hektar Taman Nasional Kutai

foto : istimewa

Pasardana.id - Indominco Mandiri (IMM), anak usaha dari PT Indo Tambangraya Megah Tbk (IDX: ITMG) telah menyerahkan hasil Penanaman Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (Rehab DAS) kepada pemerintah, seluas 3.040 hektar pada tanggal 14 September 2020.

Direktur Utama PT Indominco Mandiri, A.H. Bramantya Putra mengatakan, hal tersebut merupakan kewajiban tambahan yang dibebankan oleh Pemerintah kepada perusahaan pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH).

“Pemegang IPPKH seperti halnya IMM berkewajiban melakukan Rehab DAS seluas ijin konsesi yang dipegangnya.” kata Putra dalam siaran pers, Selasa (15/9/2020).

Ia menambahkan, daerah yang ditanami dalam rangka Rehab DAS harus berada di luar daerah konsesinya yang ditetapkan oleh Pemerintah sebagai daerah aliran yang kritis dan perlu dilakukan rehabilitasi.

Asal tahu saja, IMM mempunyai kewajiban melakukan penanaman dalam rangka Rehab DAS seluas 24.600 hektar.

Jelasnya, IMM yang telah mulai memenuhi kewajiban melaksanakan Rehab DAS sejak tahun 2013, secara keseluruhan telah menyerahkan kepada pemerintah seluas 6.640 hektar.

Jumlah tersebut adalah akumulasi dari penyerahan sebelumnya, seluas 600 hektar pada 2017, 3000 hektar pada 2018, dan pada 2020 ini seluas 3040 hektar

Status hutan di daerah Melawan yang vegetasinya diperkaya dalam program ini, termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kutai (TNK).

Di sekitar zona rehabilitasi ini juga tinggal masyarakat yang hidup bergantung pada pengolahan hutan. Oleh karena itu, pada prosesnya, IMM bekerjasama dengan TNK dalam melakukan pengawasan kawasan.