BLT Pekerja Telat Cair, Menaker Minta Maaf

Foto : istimewa

Pasardana.id - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mengungkapkan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp600 ribu bagi pekerja bergaji di bawah Rp5 juta urung disalurkan mulai Selasa (25/8) ini. 

Namun, Kemenaker berharap penyaluran BLT bisa dilakukan mulai 28 Agustus mendatang.

Menurut Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah, pihaknya masih mendata calon penerima. Meskipun sebenarnya pihaknya sudah mengantongi 2,5 juta rekening karyawan calon penerima BLT tersebut. Namun, pihaknya masih membutuhkan waktu untuk melakukan validasi ke pihak perbankan sebelum mencairkan BLT tersebut.

Selain itu, juga membutuhkan waktu dalam menerima data yang sudah divalidasi oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK). Proses validasi butuh waktu empat hari.

Lebih lanjut Ida menuturkan, BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan data pekerja per kuota (batch) untuk memudahkan proses pengawasan dan evaluasi.

"Kami akan check list baru yang akan kami serahkan kepada KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) untuk bisa mencairkan uangnya dan salurkan ke bank pemerintah lalu transfer ke penerima program subsidi upah," ucap Ida dalam konferensi pers di kantornya, Senin (24/8).

"Kami butuh kehati-hatian untuk menyesuaikan data yang ada, kita butuh waktu," timpalnya. 

Ida menambahkan, pekan ini kuota perdana yakni dana untuk 2,5 juta orang akan dicairkan.

"Kami menargetkan bisa transfer itu dimulai dari akhir Agustus ini," lanjutnya.

Dia menambahkan, masih banyak yang harus didata dalam mendapatkan bantuan ini. Pasalnya, ada kategrori yang ditambahkan untuk bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"Pegawai pemerintah non PNS gaji ke-13 untuk berhak mendapatkan subsidi upah ini, makanya kita perlu data yang akurat untuk menyarlukan ini karena tidak mudah," tegasnya.

Ia juga menargetkan program ini rampung pada akhir September mendatang dengan jumlah total penerima mencapai 15,7 juta pekerja.

"2,5 juta itu minimal yang bisa kami lakukan sehingga seluruh penerima bantuan bisa selesai masuk datanya akhir September ini,' tandasnya.

Asal tahu saja, Pemerintah akan memberikan BLT Rp600 ribu ke sebanyak 15,7 juta pekerja. BLT diberikan untuk membantu pekerja kelas tersebut menghadapi tekanan ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi virus corona.

Selain itu, BLT juga digelontorkan untuk mengangkat ekonomi dalam negeri yang minus 5,32 persen pada kuartal II 2020 kemarin.