Terakhir Hari Ini Kirim Foto Meteran Listrik Via WhatsApp

Foto : istimewa

Pasardana.id - Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan dalam beberapa aspek kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah pelaporan dan pencatatan meteran listrik PLN.

Selama masa pandemi Covid-19, PLN menyiapkan layanan lapor stand meter mandiri (Baca Meter Mandiri) melalui aplikasi WhatsApp Messenger (WA) PLN 123 dengan nomor 08122123123.

Pelaporan mandiri pelanggan bisa dilakukan pada tanggal 24-27 setiap bulannya.
Maka dari itu, hari ini, Rabu (27/5), menjadi hari terakhir bagi pelanggan pasca-bayar untuk mengirimkan foto stand meter listrik secara mandiri.

Pelaporan mandiri pelanggan yang valid akan dijadikan prioritas utama dasar perhitungan rekening listrik.

"Jadi kalau pelanggan mengirimkan angka stand kwh meter dan kami nyatakan valid, kami akan menggunakan laporan tersebut sebagai dasar perhitungan rekening. Meskipun petugas catat meter tetap mengunjungi rumah pelanggan," kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan, Bob Saril, Selasa (26/5).

Ditambahkan, jika pelanggan tidak mengirimkan laporan mandiri melalui WhatsApp dan lokasi rumah pelanggan tidak bisa didatangi oleh petugas, maka PLN akan menggunakan rata-rata 3 bulan sebagai dasar perhitungan rekening listrik.

Implikasinya, akan ada penyesuaian tagihan rekening listrik ketika nanti petugas PLN melakukan pencatatan meter ke rumah pelanggan.

"Meskipun demikian, ada wilayah yang ditutup karena protokol Covid-19, tentu kami tidak bisa melakukan pencatatan. Maka kami akan menggunakan rata-rata 3 bulan sebagai dasar tagihan rekening listrik," ungkap Bob.

Sementara itu, untuk pembayaran listrik atau pembelian token, PLN juga mengimbau pelanggan untuk memanfaatkan layanan online dalam melakukan pembayaran tagihan atau pembelian token listrik.

Pembayaran listrik dapat dilakukan di mana saja tanpa harus mendatangi kantor PLN. Di antaranya, melalui; ATM, Internet Banking, SMS Banking, Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) seperti Link Aja, Gopay, dan sebagainya ataupun melalui aplikasi E-Commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan sebagainya.

Seperti diketahui, PT PLN (Persero) kembali menurunkan petugas pencatat stand meter listrik secara langsung ke rumah pelanggan pasca-bayar untuk tagihan rekening bulan Juni 2020.

Namun, tidak semua petugas bisa mencatat stand meter listrik. Sebab, ada beberapa daerah yang masih ditutup karena protokol Covid-19.

Untuk itu, PLN memberikan kemudahan dengan layanan lapor stand meter mandiri melalui aplikasi WhatsApp Messenger (WA) PLN 123 dengan nomor 08122123123.