Harga Minyak WTI Turun, Brent Naik

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni 2020 turun 44 sen menjadi US$12,34 per barel di New York Mercantile Exchange pada Selasa (28/4/2020). Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Juni 2020 naik 47 sen menjadi US$20,46 per barel di London ICE Futures Exchange.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak WTI turun seiring penuhnya kilang penyimpanan minyak mentah di Amerika Serikat.

Menurut laporan yang dirilis Energy Information Administration (EIA), jumlah minyak yang tersimpan di Cushing, Oklahoma, mencapai 59,7 juta barel pekan lalu, naik 8,7 persen dari pekan sebelumnya. Kapasitas maksimal penyimpanan minyak di Cushing adalah 76 juta barel.

Di saat bersamaan, permintaan minyak global diperkirakan turun 9,3 juta barel per hari year-on-year tahun ini akibat lockdown yang terjadi di berbagai belahan dunia dalam upaya menghambat penyebaran virus Corona (COVID-19).

Dalam upaya mendongkrak harga minyak dunia, OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) dan negara-negara produsen minyak lainnya yang tergabung dalam OPEC+ sepakat untuk memangkas produksi sebesar 9,7 juta barel per hari pada Mei dan Juni.