PSAB Akan Terbitkan Obligasi Sebesar Rp300 Miliar

foto : ilustrasi (ist)

Pasadana.id - PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) mengumumkan rencana perseroan untuk melakukan penawaran Obligasi Berkelanjutan I Tahap IV Tahun 2020 dengan jumlah pokok sebanyak-banyaknya sebesar Rp300 miliar.

Berdasarkan pengumuman perseroan pada laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Senin (20/4) dijelaskan,

Obligasi ini diterbitkan tanpa warkat, ditawarkan dengan nilai 100% dari jumlah Pokok Obligasi dengan jangka waktu 3 tahun sejak Tanggal Emisi dengan tingkat bunga tetap sebesar 10,25% per tahun.

Obligasi ini juga dijamin dengan kesanggupan penuh (full commitment) dengan jumlah pokok sebesar Rp150 miliar.

Adapun Bunga Obligasi dibayarkan setiap triwulan, dimana Bunga Obligasi pertama akan dibayarkan pada tanggal 6 Agustus 2020, sedangkan Bunga Obligasi terakhir sekaligus dengan pelunasan Obligasi akan dibayarkan pada tanggal 6 Mei 2023.

Lebih lanjut dijelaskan, pelunasan Obligasi akan dilakukan secara penuh (bullet payment) pada saat jatuh tempo.

Sementara sisa dari jumlah pokok yang ditawarkan sebanyak-banyaknya sebesar Rp150 miliar akan dijamin secara kesanggupan terbaik (best effort).

Bila jumlah dalam penjaminan kesanggupan terbaik (best effort) tidak terjual sebagian atau seluruhnya, maka atas sisa yang tidak terjual tersebut tidak menjadi kewajiban Perseroan untuk menerbitkan Obligasi tersebut.

Pada hasil pemeringkatan Obligasi sesuai dengan POJK No. 7/2017, POJK No. 36/2014 dan Peraturan No. IX.C.11, dalam rangka penerbitan Obligasi ini, Perseroan telah memperoleh hasil pemeringkatan dari Pefindo yang berlaku untuk periode 10 Maret 2020 sampai dengan 1 Maret 2021, dengan peringkat: idA (Single A).

Rencananya, perseroan akan menggunakan seluruh dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Obligasi, setelah dikurangi biaya-biaya Emisi, seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja dan/atau untuk keperluan korporasi umum Perseroan dan/atau Perusahaan Anak Perseroan.