Kemenkeu Pastikan Gaji PNS Tahun Depan Tidak Naik

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2021 tidak akan naik.

Direktur Jendral Anggaran Kemenkeu, Askolani mengatakan, keputusan itu sudah diputuskan dan tertuang di Undang-undang Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2021.

"Sesuai dengan amanat UU APBN 2021, sudah ditetapkan gaji pokok dan pensiun pokok tetap. Lalu ada pemberian THR untuk ASN/TNI/Polri dan pensiunan," kata Askolani di Jakarta, Senin (14/12/2020).

Namun, dia menegaskan, pemerintah masih akan memberikan gaji ke-13 untuk PNS serta pensiunan.

"Pemberian gaji ke-13 untuk ASN/TNI/Polri serta pensiun ke-13," tandasnya.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyatakan, pihaknya masih menunggu restu dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait skema baru penggajian PNS.

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB, Teguh Widjanarko mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan skema baru itu.

"Masih dibahas dengan Kementerian Keuangan," kata Teguh.

Dia juga mengakui, dari simulasi yang dibuat oleh instansinya, terjadi kenaikan gaji. Namun, karena adanya ketidaksepakatan, pihaknya pun kembali merombak simulasi yang sebelumnya pernah diusulkan.

"Memang benar menurut simulasi itu ada kenaikan gaji, tetapi semua penghasilan di luar gaji dan tunjangan dilarang diberikan. Dan kami belum berani menargetkan (skema gaji PNS) tahun depan harus sudah selesai," pungkasnya.