SMGR Incar Pertumbuhan Penjualan 5% Tahun Depan

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id -  PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 4% - 5% pada tahun 2020. Target itu dapat dicapai jika pertumbuhan ekonomi nasional berada pada kisaran 5,3%.

Hal itu disampaikan SVP of SMO Communication SMGR, Ami Tantri di gedung Bursa Efek Indonesia, Rabu (21/8/2019).

“Secara normal jika pertumbuhan ekonomi tahun depan 5,3% maka pertumbuhan SMGR bisa mencapai 4% - 5%,” kata dia.

Namun, dia menyatakan dengan pertumbuhan tersebut, perseroan akan terus meningkatkan upaya efisiensi produksi. Hal itu untuk memastikan dapat bersaing dengan produk semen dengan merek dagang asing.

“Jadi, kita harus berbenah diri. Sehingga kita berkompetisi dengan mereka (semen dengan merek dagang asing),” kata dia.

Sementara itu, sepanjang semester I 2019, SMGR mencatatkan volume penjualan hingga Juli 2019 untuk pasar semen domesik sebesar 13,492 juta ton. Sedangkan, pendapatan tumbuh sebesar 22,9% menjadi Rp16,351 triliun dibandingkan semester I/2018 yang tercatat sebesar Rp13,308 triliun.

Sementara itu, Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan SMGR, Sigit Wahono mengatakan, beban biaya pendapatan juga mampu ditekan turun sebesar 2,4% seiring dengan bergabungnya PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, sehingga sinergi yang ada dapat menekan biaya penjualan per ton yang harus ditanggung.

“Beberapa bentuk sinergi secara grup yang mampu diinisiasi sejak bergabungnya PT SBI, diantaranya; pengadaan batu bara yang lebih terintegrasi pada level grup sehingga mendapatkan harga yang lebih baik dan kompetitif, menata ulang jaringan distribusi secara grup guna memastikan margin yang optimal sekaligus menekan biaya layanan yang harus dikeluarkan perusahaan serta pengurangan faktor klinker,” kata Sigit.