Genjot Volume Perdagangan, BEI Akan Terapkan JATS 5.0

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) akan segera menerapkan sistem JATS (Jakarta Automated Trading System) generasi Fix 5.0 dari sebelumnya generasi Fix 4.2. Dengan pergantian generasi JATS tersebut, berpeluang akan meningkatkan volume perdagangan.

Direktur IT & Manajemen Risiko BEI, Fithri Hadi mengatakan, JATS Fix 4.2 telah mengikuti standar perdagangan bursa internasional tahun 2000. Sedangkan operator bursa negara lainnya telah beralih menggunakan JATS 5.0.

“Dengan improve menjadi JATS 5.0 maka turut improve sistem lelang bursa,” kata dia di Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Ia menambahkan, JATS 5.0 memiliki keunggulan seperti Anggota Bursa asing yang miliki cabang di banyak negara dapat menyalurkan pemintaan jual atau beli ke BEI secara otomitis. Jika sistem tidak sama, maka AB asing akan mengalihkan penawaran di pasar negosiasi kepada bursa lain.

“Kalau sekarang, AB asing atau lokal yang miliki investor asing harus input secara manual, sehingga kalau bisa otomatis, maka akan meningkatkan volume,” jelas dia.

Lebih lanjut Fithri menjelaskan, sistem JATS 5.0 sebenarnya telah dikembangkan oleh BEI sejak beberapa tahun lalu dan menunggu kesiapan sistem AB.

“Sekarang tinggal kecocokan dengan sistem AB, sehingga diharapkan dapat diterapkan pada kuartal III 2019,” kata dia.