Tiongkok Siap Borong Kedelai AS

foto: istimewa

Pasardana.id - Pemerintah Tiongkok pada Kamis (31/1/2019) menyatakan kesiapannya untuk meningkatkan pembelian kedelai dari Amerika Serikat, dalam upaya untuk mencapai kesepakatan perdagangan antara kedua negara.

Presiden AS Donald Trump mengumumkan rencana Tiongkok tersebut usai berlangsungnya pertemuan antara para pejabat kedua negara di Washington, AS.

“Sebelum kita membuat kesepakatan, hal tersebut merupakan langkah awal yang fantastis,” ungkap Trump dalam konferensi pers bersama Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He, seperti dikutip BBC News.

Trump menyebutkan dirinya berharap dapat bertemu Presiden Tiongkok Xi Jinping untuk membahas finalisasi kesepakatan antara kedua negara di bidang perdagangan sebelum tenggat waktu 1 Maret. Ia juga berencana untuk kembali mengirim para pejabat AS ke Tiongkok untuk memuluskan tercapainya kesepakatan.

“Kita telah mencapai perkembangan yang luar biasa. Bukan berarti kesepakatan dipastikan akan terjadi, namun kerja sama dan hubungan antara kedua negara membaik berkat pertemuan yang dilakukan,” kata Trump.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, Presiden Tiongkok Xi Jinping juga menyatakan kedua pihak telah mencapai perkembangan yang baik dalam upaya mencapai kesepakatan di bidang perdagangan.

Desember lalu pemerintah AS dan Tiongkok menyepakati berlangsungnya negosiasi antara kedua negara selama 90 hari dalam upaya meredakan ketegangan di bidang perdagangan. Tiongkok yang merupakan importir kedelai terbesar di dunia kemudian membeli 1,13 juta ton kedelai dari AS.

Pada Kamis, pemerintah Tiongkok menyatakan siap untuk membeli tambahan 5 juta ton kedelai dari AS. Tiongkok mengimpor lebih dari 30 juta ton kedelai dari AS pada 2017, namun angka tersebut anjlok pada 2018 akibat meningkatnya tensi AS-Tiongkok di bidang perdagangan.