Ciptadana Capital Kuasai 14,22% Saham MPPA

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Ciptadana Capital menguasai 14,22% saham PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA). Hal itu sebagai dampak dari Penawaran Umum Terbatas V dengan Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau Right Issue saham MPPA.

Hal itu tertuang dalam prospektus emiten ritel tersebut, dalam keterbukaan informasi pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (20/7/2018).

Dijelaskan, MPPA dalam rights issue ini melepas 2,151 miliar saham baru atau setara dengan 28,57% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Dengan harga pelaksanaan Rp375 perlembar saham, maka MPPA berpotensi meraup Rp806,6 miliar.

Selanjutnya, dana tersebut akan digunakan untuk modal kerja sebesar 93,7%. Dengan rincian; untuk keperluan peremajaan persedian melalui pembayaran kepada pemasok barang dagangan. Asal tahu saja, perseroan menganggarkan modal kerja sebesar Rp750 miliar.

Sedangkan, 6,3% dari dana hasil aksi korporasi itu, akan digunakan untuk membayar utang kepada Bank Of China Limited (BoC) senilai Rp300 miliar. Utang itu akan jatuh tempo pada tanggal 14 Januari 2019.

Dengan demikian, terdapat dua kemungkinan komposisi kepemilikan MPPA setelah rights issue. Pertama, jika hak HMETD dilaksanakan seluruhnya oleh pemegang saham dan Direktur MPPA, Andre Rumantir, maka sisa saham yang tidak dibeli pemegang saham akan dibeli oleh pembeli siaga dalam hal ini, PT Ciptdana Capital sebesar 7,46%.

Berbeda ceritanya, jika hak HMETD hanya dilaksanakan MLPL (PT Multipolar Tbk) selaku pemegang saham perseroan sebesar 50,23%. Maka PT Ciptdana Capital akan menguasai 14,22% saham MPPA.