Gandeng Telkomsel, BBTN Incar 200.000 Nasabah
Pasardana.id - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) bekerja sama dengan PT Telkomsel untuk meningkatkan penetrasi layanan keuangan inklusif melalui TCASH. Dengan kerja sama ini, perseroan menargetkan bisa menggaet 200.000 nasabah baru dan perolehan dana murah mencapai Rp1,5 triliun.
Direktur Utama BBTN Maryono mengungkapkan, kerja sama ini merupakan realisasi dari sinergi BUMN. Dengan kerja sama ini, diharapkan bisa mendukung layanan keuangan inklusif dimana sekitar 100 juta penduduk Indonesia belum tersentuh layanan perbankan.
"Hampir semua penduduk Indonesia mempunyai ponsel, tetapi mereka belum tentu memiliki rekening perbankan. Makanya kami menggandeng Telkomsel dengan layanan TCASH-nya untuk berperan dalam upaya meningkatkan Laku Pandai," jelas Maryono usai meluncurkan layanan BTN-TCASH di Malang, Jawa Timur, Kamis (10/5.2018).
Menurut Maryono, kerja sama ini akan membuat dana murah perseroan semakin meningkat. Pasalnya, pelanggan TCASH yang saat ini mencapai 20 juta sangat potensial untuk menjadi nasabah BTN.
"Ini potensi yang sangat besar dan harus kami manfaatkan untuk mendongkrak dana murah agar komposisinya bisa di atas 50%," tegasnya.
Lebih lanjut Maryono menuturkan, layanan BTN-TCASH tersebut akan mempermudah Agen Griya BTN, agen layanan keuangan tanpa kantor (Laku Pandai) milik Bank BTN, untuk memberikan layanan keuangan bagi masyarakat yang belum terjangkau perbankan.
Adapun melalui BTN-TCASH, nasabah Tabungan BTN Cermat dari program Laku Pandai Bank BTN dan pengguna TCASH dapat dengan mudah melakukan transaksi. Sebab, dengan kemitraan ini memudahkan transfer atau pengiriman saldo dari akun tabungan BTN Cermat ke akun e-money TCASH Telkomsel dan begitu juga sebaliknya. Pelanggan juga bisa melakukan pembayaran mobile melalui layanan tersebut serta memiliki rekening tabungan dengan bunga bulanan tanpa dikenakan biaya administrasi dan saldo minimum.
Sementara itu, layanan KPR Mikro dan KUR nantinya akan memanfaatkan metode analisa dan pengolahan data (data analytics) untuk menentukan pelanggan yang tepat untuk mendapatkan dua produk Bank BTN tersebut.
Kemudian, dana KUR dan KPR Mikro yang telah disetujui dapat disalurkan melalui akun TCASH pelanggan yang telah terdaftar sebelumnya, dengan maksimal dana sebesar Rp10 Juta. Tak hanya itu, peminjam KUR dan KPR Mikro juga mendapat kemudahan pembayaran cicilan, baik melalui kode akses USSD, aplikasi TCASH, maupun agen TCASH di Indonesia.
“Kami akan terus menjangkau semakin banyak masyarakat Indonesia untuk dapat menikmati layanan perbankan yang terjangkau,” tambah Maryono.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, kerja sama dengan Bank BTN tersebut akan turut membantu pihaknya merealisasikan visi perusahaan untuk menciptakan ekosistem digital yang terintegrasi, guna menghubungkan lebih banyak pelanggan di segmen mikro ke dalam layanan finansial dan mendukung keuangan inklusif.
“Hadirnya layanan ini dapat mejadi solusi bagi pelanggan segmen ini di pelosok Indonesia, dengan memanfaatkan jaringan luas uang elektronik TCASH dan layanan laku pandai BTN Cermat, untuk dapat menikmati layanan finansial secara lebih praktis dan aman,” tegas Ririek.
Ditambahkan, tidak adanya dana yang memadai serta biaya yang tinggi untuk menjangkau kantor bank menjadi alasan utama masyarakat yang belum memiliki akun perbankan.
“Karenanya, langkah TCASH dan BTN dalam menghadirkan akun ketersambungan merupakan solusi tepat untuk memperluas dan memudahkan akses bagi masyarakat mikro dalam mendapatkan beragam layanan finansial,” jelasnya.

