Harga Minyak Dunia Meningkat Dipicu Kondisi Geopolitik di Timur Tengah

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia mengalami peningkatan pada Kamis (9/11/2017) dipicu kondisi geopolitik di Timur Tengah.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman Desember 2017 naik 36 sen menjadi US$57,17 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari 2018 naik 44 sen menjadi US$63,93 per barel di London ICE Futures Exchange.

Jaksa Agung Arab Saudi, Sheikh Saud Al Moaajeb pada Kamis mengumumkan tujuh dari 208 orang yang ditangkap dalam aksi pemberantasan korupsi telah dibebaskan. Aksi penangkapan yang dilakukan mencengangkan dunia karena meliputi para pangeran Saudi dan pejabat maupun mantan pejabat tinggi negara tersebut.

Pada hari yang sama, pemerintah Saudi menyatakan pelarangan kunjungan ke Lebanon bagi para warganya dan meminta warga Saudi yang berada di Lebanon segera meninggalkan negara tersebut. Para analis melihat hal tersebut sebagai peningkatan tensi geopolitik di kawasan Timur Tengah.

Sementara itu, pelemahan dolar AS juga mendukung peningkatan harga minyak dunia. Indeks dolar AS turun 0,44 persen menjadi 94,451 pada Kamis.