Triwulan I 2016, Pangsa Pasar Mobil Astra International Turun Jadi 47,6%

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Pangsa pasar penjualan mobil PT Astra International Tbk (ASII) turun menjadi 47,6% pada triwulan I 2016 dibandingkan periode yang sama 2015 sebesar 48,6%.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gainkindo), yang diumumkan Jumat (15/4), tergambar, penjualan mobil secara nasional sebanyak 267.227 unit per Maret 2016, turun 5,35% dari periode yang sama 2015 yang mencapai 282.344 unit mobil.

Menurut data Gaikindo tersebut, Astra International (ASII) menyumbang penjualan mobil sebanyak 127.263 unit mobil per Maret 2016, turun sekitar 7,25% dibandingkan pada periode yang sama 2015 yang mencapai 137.209 unit. Itu berarti pangsa pasar mobil ASII tercatat 47,6%, turun dibandingkan periode sama 2015 yang mencapai 48,6%.

Di tengah penurunan penjualan mobil, data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), menunjukkan, penjualan motor Astra International (ASII) pada triwulan I tahun 2016 mencapai 1.090.615 unit.

Dengan penjualan sebesar itu, pangsa pasar motor ASII mencapai 72,49% dari total penjualan motor secara nasional sebanyak 1.504.468 unit.

Sementara pada periode yang sama 2015, ASII berhasil menjual 1.093.394 unit motor. Jumlah penjualan tersebut menunjukkan, ASII menguasai sebesar 68,12% pangsa pasar motor dari total penjualan motor secara nasional sebanyak 1.605.043 unit pada 2015. 

Hingga pukul 11.11 WIB perdagangan saham di BEI, Senin (18/4) saham ASII terpantau di level Rp7.525 per unit, turun Rp150 dibandingkan penutupan, Jumat (15/4) sebesar Rp7.675 per unit. Jumlah volume saham ASII yang berhasil diperjualbelikan investor pada waktu tersebut mencapai 112.419 lot senilai Rp85,765 miliar.

Minat beli investor terhadap saham emiten otomotif terbesar Indonesia tersebut masih cukup besar. Ini seiring prospek usaha perseroan yang masih cerah, setidaknya pada berjalan 2016. (*)