Cyber Monday Menjadi Hari Belanja Terbesar Amazon

foto: istimewa

Pasardana.id - Amazon.com, Inc pada Selasa (27/11/2018) mengumumkan bahwa Cyber Monday telah menjadi hari belanja terbesar dalam sejarah perusahaan e-commerce Amerika Serikat tersebut.

Seperti dilaporkan Xinhua, konsumen dari seluruh dunia memesan lebih dari 18 juta mainan dan lebih dari 13 juta pakaian saat Black Friday dan Cyber Monday.

Dalam lima hari belanja yang dimulai pada Thanksgiving dan berakhir dengan Cyber Monday, konsumen Amazon memesan lebih dari 180 juta produk. Produk dengan penjualan tertinggi adalah smart speaker Echo Dot, buku otobiografi Michelle Obama “Becoming”, Amazon Smart Plug, dan mainan L.O.L. Surprise Series.  

Konsumen Amazon di AS membelanjakan uang sekitar US$7,9 miliar, atau sekitar Rp114,83 triliun, saat Cyber Monday, meningkat 19,7 persen dari tahun lalu, menurut Adobe Analytics yang memantau 80 persen transaksi online dari 100 peritel terbesar di Negeri Paman Sam.

Dalam musim belanja akhir tahun sejauh ini, konsumen telah membelanjakan US$58,5 miliar secara online, meningkat 19,9 persen, menurut Adobe. Untuk seluruh musim belanja akhir tahun yang berlangsung sampai akhir Desember, belanja online dapat mencapai rekor US$124 miliar, melambung 15 persen dari tahun lalu.

Perusahaan riset pasar eMarketer menyebutkan bahwa penjualan online di AS dalam musim belanja akhir tahun akan mencapai US$123 miliar. Sedangkan total penjualan ritel di AS dalam musim belanja akhir tahun akan mencapai US$1 triliun.

Amazon diperkirakan akan terus mendominasi penjualan e-commerce di AS pada 2018, mencapai US$252 miliar pada 2018, atau sekitar 48 persen dari seluruh penjualan online di Negeri Paman Sam, menurut studi yang dilakukan eMarketer. Sedangkan penjualan e-commerce Ebay, Walmart, dan Apple masing-masing mencapai 7,2 persen, 4 persen, dan 3,9 persen dari total penjualan online AS.