OJK Diminta Segera Rampungkan Penyelidikan Kasus SIAP

foto : istimewa

Pasardana.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melakukan pemeriksaan dan penyelidikan kasus transaksi semu saham PT Sekawan Inti Pratama Tbk (SIAP) sejak Nopember 2015. Namun hingga saat ini, penyelidikan kasus tersebut belum juga rampung.

Menurut Kepala Pengawas Pasar Modal OJK, Nurhaida bahwa pihaknya tidak bisa memberi komentar terkait penyelidikan tersebut.

"Saya no coment dulu ya," jawab dia, ketika ditanya awak media terkait perkembangan penyelidikan kasus transaksi semua saham SIAP, di Jakarta, Selasa (28/6/2016).

Sebelumnya, Nurhaida mengatakan, penyidikan kasus SIAP tersebut dilakukan oleh pengawai OJK.

"Menurut undang-undang OJK, kami diberi wewenang untuk melakukan penyidikan," ujar dia.

Nurhaida menambahkan, peningkatan status penyidikan itu setelah tim OJK menenggarai kasus tersebut terdapat tindak pidana.

"Tapi ini merupakan tindak pidana pasar modal," imbuh dia. 

Nurhaida melanjutkan, saat ini pihaknya akan memanggil pihak-pihak terkait dengan transaksi semu tersebut. Namun, ia tidak merinci pihak-pihak yang dimaksud.

"Karena ini sudah masuk penyidikan, kami tidak boleh menyebutkannya," terang dia.

Hanya saja, sambung dia, pihak-pihak terkait yang dipanggil tersebut, bisa saja dari pihaknya yang tadinya tidak dipanggil dalam masa penyelidikan.

Seperti diketahui, dalam masa penyelidikan, OJK memeriksa investor, broker dan manajemen SIAP.

Menanggapi hal itu, Kepala Riset NH Korindo Securities, Reza Priyambada mengatakan bahwa dalam menjalankan fungsi terkait perlindungan konsumen memang tidak terlalu banyak yang bisa dilakukan OJK.

"Selain mencoba menenangkan pasar dan segera merampungkan pengusutan ini untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat," jelas dia.