Penjualan Meningkat, Laba 2015 Bisi International Tumbuh 60%
Pasardana.id - Kinerja keuangan PT Bisi International Tbk (BISI) tumbuh cukup signifikan pada 2015. Pertumbuhan kinerja perseroan terjadi di tengah perlambatan ekonomi domestik dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat hingga Rp14.700 per US$.
Manajemen BISI tampak berhasil menyiasati kelesuan pasar dengan membidik pelanggan potensial. Bahkan pelemahan daya beli masyarakat akibat makro ekonomi Indonesia melamban berhasil dilewati BISI dengan tampilan kinerja mengesankan.
Keberhasilan manajemen tersbeut tampak dari pencapaian laba BISI pada 2015 sebesar Rp263,92 miliar (Rp88 per saham) pada 2015, tumbuh 60% dibanding Rp164,96 miliar (Rp55 per saham) pada tahun 2014.
Pertumbuhan laba emiten pembenihan tanaman pangan dan holtikultura tersebut antara lain didukung oleh penjualan yang meningkat sebesar 24,4% menjadi Rp1,44 triliun pada 2015 dari Rp1,15 triliun pada tahun 2014.
Peningkatan penjualan disertai dengan kenaikan beban pokok penjualan sebesar 16,37% menjadi Rp875,44 miliar, dari Rp752,24 miliar pada 2014. Namun laba kotor BISI masih naik 39,36% menjadi Rp562,08 miliar dari Rp403,32 miliar pada tahun 2014. Marjin laba kotor BISI juga meningkat menjadi 39,10% pada 2015 dari 34,90% pada tahun 2014.
Pada saat yang sama, beban usaha BISI juga naik 25,8% menjadi Rp272,64 miliar, dari Rp216,72 miliar pada 2014. Akan tetapi, emiten beraset Rp2,141 triliun pada 2015 itu meraih laba usaha Rp320,94 miliar, tumbuh 58,18% dari Rp202,89 miliar pada 2014. Marjin laba usaha BISI naik menjadi 22,32% dari tahun sebelumnya sebesar 17,55%.
Seiring kinerja keuangan yang tumbuh, harga saham BISI di Bursa Efek Indonesia (BEI) juga meningkat. Selama perdagangan saham tahun 2015, harga saham BISI naik sebesar 70,51%, dari Rp780 per unit pada 2 Januari 2015 menjadi Rp1.330 per unit pada 30 Desember 2015.
Pada perdagangan sesi kedua di BEI, Rabu (20/4) saham BISI tercatat Rp1.650 per unit, tidak berubah dibandingkan dengan penutupan sehari sebelumnya.

