Bancassurance Diprediksi Berkontribusi Besar
Pasardana.id - Perusahaan asuransi mengaku pemasaran asuransi melalui perbankan (bancassurance) mencapai kenaikan. Kondisi ini membuat perusahaan asuransi meningkatkan porsi penjualan asuransi melalui bank, dibandingkan agen asuransi.
ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Bancassurance perlahan menjadi mayoritas di industri asuransi,ââÅ¡¬ kata Benny Waworuntu, Cheif Corporate Affair Officer PT Axa Indonesia di Jakarta, kemarin.
Sebenarnya, perusahaan asuransi tanpa menaikkan porsi penjualan asuransi melalui bank ketimbang keagenan, bisa memperluas distribusi produk yang berujung kenaikan penjualan. Bank yang memiliki data nasabah besar menjadi potensi besar penjualan asuransi.
ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Bank juga mempunyai kantor cabang yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia,ââÅ¡¬ ujarnya.
Bancassurance diakui tidak menggantikan jalur distribusi asuransi lainnya yakni telemarketing, layanan digital, dan financial technology (fintech). Saluran bancassurance melengkapi saluran-saluran lainnya.
Pada kesempatan terpisah, Ellin Waty, Presiden Direktur (Presdir) PT Sun Life Financial Indonesia menambahkan, pertumbuhan pemasaran bancasurance lebih besar dibandingkan keagenan. Dari perolehannya diungkapkan, pertumbuhan bancassurance mendekati sebesar 50% dan keagenan hanya sebesar 2% pada kuartal I 2016.
Melihat kenyataan ini, mendorong pemasaran bancassurance akan digalakkan perusahaan tersebut. Hal ini diperkirakan memicu penjualannya akan mendekati saluran keagenan yang mencapai 60% sekarang.
Adapun pemasaran bancassurance direalisasikan Sun Life bekerjasama dengan Bank CIMB berupa Asuransi X-Tra Jaga, sebuah produk asuransi jiwa. Produk ini ditujukan bagi keluarga.
Asuransi X-Tra Jaga memberikan manfaat santunan untuk penyakit kritis, cacat total tetap, santunan harian rawat inap, dan perawatan intensif. Nasabah akan memperoleh jaminan pengembalian premi sebesar 50% pada akhir masa asuransi lima tahun, meskipun dia mengajukan klaim.

