Gabung Program Kominfo, Amartha Bantu UMKM Naik Kelas
Pasardana.id - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam pelaksanaan program Adopsi Teknologi Digital dan Inkubasi Bisnis UMKM.
Melalui program dengan nama “UMKM Level Up” ini, Amartha sebagai salah satu fasilitator memberikan fasilitas pelatihan, penyusunan materi, hingga pendampingan, yang bertujuan untuk memfasilitasi adopsi teknologi digital 4.0 bagi para pelaku UMKM.
Chief Operating Officer Amartha, Budhi Siswoadji menyampaikan, Amartha melihat potensi yang sangat besar bagi UMKM untuk bersaing.
Namun dibutuhkan intervensi yang lebih jauh, misalnya dengan memberikan literasi keuangan dan digital.
Dengan mengadopsi digitalisasi, UMKM berpotensi untuk memperluas jangkauan pasarnya, mengembangkan kapabilitas usahanya, agar UMKM dapat lebih sejahtera.
"Selama 13 tahun Amartha hadir secara konsisten untuk memajukan ekonomi akar rumput melalui teknologi yang inklusif, jaringan kemitraan yang kuat, serta pendekatan yang humanis dan berkelanjutan merupakan wujud dari kesiapan kami sebagai salah satu fasilitator," ucap Budhi, Kamis (6/7/2023).
Penandatangan kerja sama peluncuran program ini telah dilakukan pada bulan Mei lalu di Jakarta, dan dihadiri oleh Kementerian Kominfo, Amartha, beserta 110 fasilitator lainnya yang akan terlibat dalam pelaksanaan program tersebut.
Secara nasional, pemerintah berupaya mengoptimalkan potensi dan produktivitas UMKM dengan meningkatkan produksi dalam negeri, meningkatkan nilai substitusi ekspor dan melakukan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).
Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Samuel A. Pangerapan menjelaskan, melalui program ini, Kominfo akan meningkatkan adopsi digital bagi pelaku UMKM agar produktivitasnya meningkat.
Selain itu, Kominfo memfasilitasi inkubasi bisnis 100 pelaku UMKM binaan Kementerian Kominfo yang sudah memiliki kemampuan digital dalam memasarkan produknya.
"Dengan melibatkan para fasilitator, harapannya peningkatan level adopsi teknologi digital dan peningkatan kemampuan bisnis dapat memberi nilai lebih serta mendorong produksi salam negeri yang berdampak pada peningkatan nilai ekspor dan pertumbuhan ekonomi nasional.” pungkasnya.
Program kelas tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo di berbagai wilayah sebaran UMKM di Indonesia meliputi Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatra Utara, Sulawesi Tenggara, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat & Timur, Papua dan Papua Barat dengan tema seputar inklusi keuangan dan digital.
Selama enam bulan ke depan, Amartha akan menyampaikan materi yang relevan dan mendampingi UMKM dalam mendigitalisasi perekonomian.

