Kemnaker Terus Kembangkan Sistem Layanan Ketenagakerjaan Berstandar Internasional

Foto : istimewa

Pasardana.id - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah memiliki sistem informasi dan layanan ketenagakerjaan berupa SIAPkerja (Sistem dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan).

Menteri Ida Fauziyah mengatakan, sistem ini mencakup berbagai layanan ketenagakerjaan, seperti; layanan peningkatan kompetensi (Skill Hub), layanan sertifikasi kompetensi (Serti Hub), layanan penempatan (Karir Hub), hingga pengembangan dan pendampingan kewirausahaan (Biz Hub).

"Ini adalah sistem yang mengintegrasikan seluruh layanan ketenagakerjaan, dan kami akan berupaya untuk terus mengembangkan sistem layanan ketenagakerjaan yang berstandar internasional," ujar Menteri Ida, saat menerima courtesy visit CEO WCC Group, Jan Jensen, di Kantor Kemnaker, Jakarta, Senin (13/2).

Menteri Ida menambahkan, Kemnaker terus berupaya untuk mengembangkan sistem informasi dan layanan ketenagakerjaan.

Tujuannya, agar informasi dan layanan ketenagakerjaan dapat diakses oleh seluruh masyarakat, sehingga berdampak positif terhadap pembangunan ketenagakerjaan.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi mengungkapkan, aplikasi SIAPKerja adalah salah satu upaya Kemnaker dalam melakukan transformasi digital di bidang ketenagakerjaan.

Pihaknya akan terus mengembangkan aplikasi ini, mengingat saat ini angkatan kerja Indonesia berjumlah 144 juta dan terus bertambah tiap tahunnya.

Kata dia, salah satu aspek yang perlu dikembangkan adalah matching (pencocokan) antara supply dan demand tenaga kerja.

"Kita harus meningkatkan kesesuaian pekerjaan, karena masalah utama pasar kerja Indonesia saat ini adalah mismatch antara supply and demand," ujarnya.