Gandeng MarkPlus Institute, ITS Akan Luncurkan Program TechnoMarketing
Pasardana.id - MarkPlus Institute kembali menghadirkan Marketeers Goes To Campus Episode 24 bersama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Berbeda dari episode sebelumnya, perhelatan kali ini berfokus pada peluncuran program MMT in TechnoMarketing, The Brand New MMT 1.5 Years with Internship Program, sebuah program kolaborasi antara ITS dan MarkPlus Institute.
Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M. Eng., Ph.D., CSCP selaku Dekan Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi ITS mengungkapkan, TechnoMarketing adalah salah satu bidang yang akan diluncurkannya di Februari 2022.
“TechnoMarketing ini adalah salah satu bidang yang akan kami luncurkan untuk intake bulan Februari 2022 yang akan kita mulai pendaftarannya di bulan November,” ujarnya pada sesi talk show Marketeers Goes to Campus, seperti dilansir dari siaran pers, Sabtu (18/9).
Menjadi pionir program TechnoMarketing di Indonesia, Nyoman menilai inovasi ITS bersma MarkPlus Institute akan menjadi salah satu pilihan bagi kebutuhan pengembangan sumber daya manusia yang dibutuhkan saat ini.
Baginya marketing tidak bisa dilepaskan dari teknologi dalam rangka memajukan kemanusiaan, sejalan dengan moto “Advancing Humanity”.
“Program ini akan berfokus untuk me-recruit fresh graduates dari berbagai bidang studi. kami sangat open dengan mahasiswa S1 teknik yang ingin belajar marketing, ini akan menjadi perpaduan yang luar biasa," ujar Nyoman.
Adapun program tersebut dirancang untuk 3 semester, dilengkapi dengan program internship yang akan secara langsung dibimbing oleh Bapak Marketing Indonesia, Hermawan Kartajaya.
Mewakili Khofifah Indar Parawansa, turut hadir Emil Elistianto Dardak sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur yang menyampaikan perpaduan ilmu marketing dan teknologi akan menciptakan pengembangan daya saing ekonomi Indonesia yang lebih kompetitif.
Emil menyampaikan, perpaduan dari kedua ilmu tersebut akan menghasilkan teknologi yang semakin menarik.
"Benar-benar applied science dan bagaimana teknologi ini bisa di utilisasi dan dikembangkan dalam kerangka practical, bagaimana kemudian pemahaman terhadap marketing akan men-drive teknologi," terangnya.
Dr. Jacky Mussry selaku Dean & CEO MarkPlus Institute, mengungkapkan rasa syukurnya atas realisasi program ini dan menambahkan, baginya aspek marketing program tersebut akan dilihat dari segi kreativitas, inovasi, entrepreneurship, dan leadership.
“Panduan antara marketing dan teknologi di sini kita lihat marketing dari creativity, inovasi, entrepreneurship, dan leadership. Sementara teknologi bukan dari mesin atau robotik, tapi yang sifatnya humanity," tambah Jacky.
Menutup diskusi, Hermawan Kartajaya selaku Founder dan Executive Chairman MarkPlus, Inc, mengulas silabus yang akan diaplikasikannya pada intake pertama MMT in TechnoMarketing, termasuk didalamnya terdapat 3 SKS untuk internship dari total 36 SKS untuk 3 semester.
"Untuk intake tahun ini akan disaring 80 peserta," beber Hermawan.
Turut hadir dalam acara tersebut antara lain; Hermanto Tanoko selaku CEO Tancorp Abadi Nusantara, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari M. Eng selaku Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA selaku Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur.

