Perluas Kanal Digital, ASMI Gandeng PasarPolis 

foto : istimewa

Pasardana id - PT Asuransi Maximus Graha Persada Tbk (IDX: ASMI) menjalin kerja sama strategis dengan pialang asuransi PT PasarPolis Insurance Broker (PPIB) yang merupakan afiliasi dari PT PasarPolis Indonesia (PasarPolis) sebagai salah satu perusahaan insurance technology (insurtech) di Indonesia dan Asia Tenggara.

Kerja sama strategis tersebut bertujuan untuk meningkatkan akses bagi masyarakat Indonesia dalam memperoleh perlindungan asuransi kategori mikro melalui kanal digital.

Direktur Utama Maximus Insurance, Jemmy Atmadja menjelaskan, pihaknya sangat senang dapat bekerja sama dengan PasarPolis, sebagai salah satu perusahaan insurtech yang tidak diragukan lagi reputasinya di dunia insurtech khususnya di Indonesia.

"Kami semakin yakin tren digital terus bergerak dinamis dimana masyarakat juga sudah semakin meningkatkan pembelian melalui marketplace atau e-commerce platform, sehingga hal inilah yang mendorong kami untuk memperluas segmen pasar untuk perlindungan asuransi di kategori asuransi mikro dengan menggandeng PasarPolis," beber Jemmy, seperti dilansir dari siaran pers, Rabu (8/12).

Jemmy menjelaskan, dalam implementasinya, kerja sama tersebut dilakukan melalui mitra bisnis e-commerce.

Dia menambahkan juga bahwa kondisi saat ini menunjukkan efektivitas pemasaran digital yang sangat baik seiring dengan akselerasi perkembangan asuransi digital yang dipacu oleh pandemi COVID-19. 

“Harapan kami ke depannya, kami dapat mengembangkan lini bisnis lainnya bersama dengan PasarPolis sehingga kami dapat memberikan pilihan bagi masyarakat dalam menemukan dan menentukan sendiri asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya dengan berbasis digital melalui PasarPolis,” ungkap Jemmy.

Sebagai salah satu upaya transformasi digital Maximus Insurance yang fokus membangun ekosistem digital terintegrasi, kerja sama strategis yang terjalin tersebut diyakini dapat lebih memperluas dampak positif yang ingin dihadirkan dengan memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah semakin meningkatnya gaya hidup yang serba digital saat ini.

Hal itu seiring dengan semakin meningkatnya tren digital, khususnya selama masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Chief Operating Officer PasarPolis, Michael Saputra mengatakan, Kesenjangan akses asuransi (insurance gap) dan tidak meratanya distribusi asuransi menjadi tantangan besar di Indonesia.

Melalui adopsi teknologi di industri asuransi, pihaknya akan terus berupaya menjembatani kesenjangan akses bagi masyarakat yang sebelumnya sulit tersentuh layanan asuransi.

"Kolaborasi ini akan semakin memperkuat misi PasarPolis untuk mengembangkan inovasi teknologi kami, sehingga dapat menciptakan akses asuransi secara lebih inklusif dengan meningkatkan produk asuransi mikro dengan harga terjangkau serta dapat diakses secara mudah oleh berbagai kalangan masyarakat. Kami sangat berterima kasih kepada Maximus Insurance atas kerja sama strategis yang terjalin ini sehingga bisa lebih memperluas dampak positif yang ingin dihadirkan untuk semua lapisan masyarakat melalui asuransi mikro," beber Michael.

Michael menambahkan, harapannya ke depan kolaborasi tersebut bisa terus bertumbuh seiring dengannya tren asuransi akan bergerak ke produk yang lebih personal dan mengikuti kebutuhan unik serta melekat di kehidupan sehari-hari masyarakat luas.

"Kami percaya kerja sama strategis dengan Maximus Insurance ini mampu meningkatkan efektivitas serta kemudahan dalam berasuransi serta mampu memperluas akses asuransi bagi masyarakat sehingga akan tercipta pengalaman asuransi yang mudah, murah, dan menyenangkan yang juga sejalan dengan komitmen perusahaan," imbuhnya.

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dimana adanya peningkatan sebesar 400% pada Q2 2021 dibandingkan akhir tahun 2020 pada premi asuransi umum melalui pemasaran digital di Indonesia 1), Perseroan melihat adanya  peluang pasar yang besar pada jalur pemasaran asuransi digital di Indonesia serta pola perilaku konsumen yang semakin berkembang dengan memanfaatkan teknologi.

Dalam hal pengembangan  infrastruktur, Perseroan juga tengah mengembangkan sistem aplikasi bagi masyarakat luas untuk dapat menikmati layanan asuransi yang mudah dan cepat untuk lini bisnis asuransi kendaraan bermotor, guna melihat status polis, status klaim, hingga pembelian tambahan proteksi asuransi lainnya yang ditawarkan oleh Maximus Insurance.

Kedepannya, tidak tertutup kemungkinan aplikasi ini nantinya akan menawarkan produk produk asuransi umum lainnya.

Sebelumnya, Perseroan mencatatkan premi bruto (gross written premium) tertinggi sepanjang sejarah Perseroan, dengan peningkatan sebesar 139% (yoy) atau sebesar Rp709 miliar per Oktober 2021 serta mengumumkan rencananya dalam menjalin kemitraan dengan berbagai mitra bisnis baik dengan perusahaan insurtech, perbankan maupun multifinance sebagai upaya untuk memperkuat transformasi digital Perseroan yang sedang berjalan.