ANALIS MARKET (09/8/2018) : IHSG Diestimasi Bergerak Melemah Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup flat kemarin (08/8), ditekan oleh sektor konsumer. Investor mencerna data penjualan ritel Juni yang dirilis Bank Indonesia. Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Gainers, yaitu: Agriculture (+4.06%), Basic Industry (+1.60%), Trade (+0.80%).

Sementara itu, Bursa AS bergerak variatif kemarin (08/8) dipimpin oleh sektor teknologi. Tiongkok akan memberlakukan tarif 25% kepada produk AS yang bernilai US$16 miliar. Sedangkan Bursa Eropa bergerak variatif kemarin (08/8) yang ditopang oleh sektor otomotif dan teknologi, dan ditekan oleh sektor layanan kesehatan. Adapun Bursa Asia ditutup variatif kemarin (08/8), di tengah meredanya isu perang dagang. Surplus perdagangan Juli antara AS-Tiongkok menurun dibandingkan bulan Juni.

“Untuk hari ini, kami mengestimasi IHSG bergerak melemah dengan support range 6027-6035 dan resistance range 6132-6137,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam laporan riset yang dirilis Kamis (09/8/2018).

Lebih lanjut, riset juga menyebutkan bahwa tekanan datang dari perlambatan penjualan ritel Juni menjadi 2,3% dari 8,3% pada Mei. Namun perlambatan ini diperkirakan temporer karena pertumbuhan diperkirakan akan kembali melonjak jelang akhir tahun.

Di sisi lain, investor perlu mengantisipasi rilis data defisit transaksi berjalan 2Q18. Dengan meningkatnya tren impor, diperkirakan defisit akan melebar.

Sementara itu, sebagai rekomendasi saham untuk aksi Trading Buy, riset menyebut: INCO, BBTN, dan GGRM layak untuk dikoleksi pelaku pasar diperdagangan hari ini, Kamis (09/8/2018).