TCID Akan Tingkatkan Penjualan Ekspor Tahun Ini
Pasardana.id - PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) akan meningkatkan penjualan ekspor pada tahun ini.
Menurut Effendi Tandi, Direktur TCID, langkah tersebut dilakukan karena kontribusi ekspor turun selama tiga tahun terakhir.
Pada 2017, kontribusi ekspor sebesar 23,7%, tahun 2016 sebesar 25,7%, dan sebesar 30,4% pada 2015.
Dalam materi paparan publik yang disampaikan ke BEI, Rabu (11/4) disebutkan, untuk pasar Timur Tengah terganggu oleh gejolak politik serta regulasi yang sulit dan persaingan produk murah dan palsu.
“Oleh sebab itu, kami memiliki strategi untuk meningkatkan penjualan ekspor ke negara-negara Mandom Group dan memperkenalkan lebih banyak produk yang sukses di domestik ke negara yang memiliki karakter yang sama dengan Indonesia,“ ungkap Effendi.
Meski demikian, dua pasar ekspor yakni Malaysia dan India mencatat pertumbuhan pada 2017. Pasar India, tumbuh 24,5% yang dikontribusi produk hair styling, khusus Gatsby Hair Wax dan Gatsby Hair Gel.
Sementara pasar Malaysia, lanjutnya, mengalami pertumbuhan dua digit yang dikontribusikan oleh Gatsby Styling Pomade dan penjualan Pixy.
Pada 2017, TCID mencatat laba Rp179,13 miliar, naik 11% dibanding Rp162,05 miliar tahun 2016. Penjualan perseroan meningkat 7% menjadi Rp2,71 triliun, dari Rp2,52 triliun pada 2016. Ini terdiri atas penjualan domestik Rp2,07 triliun (76,38%) dan ekspor sebesar Rp640,44 miliar (23,63%).
Dari sisi produk, kontribusi produk perawatan rambut atas penjualan TCID mencapai Rp1,25 triliun (46%), produk perawatan kulit dan make up sebesar Rp906,98 miliar (33,5%), produk wewangian mencapai Rp523,29 miliar (19,3%), produk lainnya Rp28,97 miliar (1,2%).

