ANALIS MARKET (28/3/2018) : Rupiah Berpotensi Melemah Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, sebagian besar indeks futures di bursa Asia terlihat hijau, kemungkinan ada potensi sebagian besar indeks di bursa Asia akan naik hari ini walaupun harga minyak mentah dibuka turun pagi ini.

Adapun mata uang kuat Asia HK dolar dan Sin dolar menguat pagi ini.

“Namun, sentimen harga minyak mentah berpotensi membuat rupiah melemah hari ini tetapi tetap dalam penjagaan BI bergerak di kisaran Rp.13.730 - Rp.13.760 per USD,” jelas Lana Soelistianingsih, Kepala Riset/Ekonom SAM dalam laporan riset yang dirilis Rabu (28/3/2018).

Lebih lanjut, riset SAM juga menyebutkan beberapa sentiment yang layak dicermati pelaku pasar, antara lain; Bank Dunia perkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,3% di tahun 2018 asalkan bisa melakukan terobosan kebijakan di bidang investasi, dan penciptaan lapangan kerja.

Adapun Fitch merevisi turun pertumbuhan ekonomi Indonesia dari 5,4% menjadi 5,3%.

Sementara SAM perkirakan, ekonomi tumbuh antara 5,08% - 5,15%, dibawah konsensus analis 5,3% yoy dengan pertimbangan konsumsi masih akan stagnan terkait daya beli khususnya konsumen luar Jawa yang tergantung pada komoditas yang saat ini harganya masih stagnan.

Sementara dari factor eksternal, pasar saham AS kembali terkoreksi semalam, lagi dengan pernyataan Presiden Trump yang akan menertibkan investasi China di bidang teknologi yang dianggap sensitif dan akan menghukum China karena pelanggaran intelektual dan hak cipta.

Pasar global masih diliputi ketidakpastian kebijakan perdagangan Presiden Trump.