ANALIS MARKET (12/3/2018) : Rupiah Berpotensi Menguat Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, ada potensi indeks di bursa Asia hari ini akan naik terlihat dari sebagian besar indeks futuresnya yang ‘hijau’ ditambah dengan harga minyak mentah yang dibuka naik pagi ini.  

Adapun Yen dan HK dollar dibuka menguat terhadap USDolar pagi ini.

“Kondisi ini bisa menjadi sentimen penguatan rupiah ditambah dengan penjagaan BI, kemungkinan rupiah bergerak di kisaran antara Rp.13.760 - Rp.13.780 per USD,” sebut Lana Soelistianingsih, Kepala Riset/Ekonom Samuel Aset Manajemen dalam laporan riset yang dilansir Senin (12/3/2018).

Lebih lanjut, riset SAM juga menyebut beberapa factor yang layak dicermati pelaku pasar hari ini, antara lain; data Indeks penjualan eceran untuk Januari 2018 tercatat minus 7,2% mom atau minus 1,8% yoy. Kinerja ini tidak lebih baik dibandingkan Januari 2017 lalu.

Dikawatirkan menurunnya kinerja ini akan membuat konsumsi rumah tangga pada Q1-2018 melambat dibandingkan Q1-2017 walaupun hasil SPE untuk Februari menunjukkan ada perbaikan, naik 1% yoy (minus 2,1% mom). Kenaikan terutama berasal dari kategori suku cadang dan asesoris.

Sementara itu, dari factor eksternal, tingkat pengangguran di AS pada Februari 2018 tercatat 4,1%, terendah sejak 17 tahun terakhir. Kenaikan ini diikuti dengan naiknya payrolls di sektor non pertanian.  

Investor merespon positif penguatan data ketenagakerjaan ini. Penguatan ini mestinya mengkonfirmasi naiknya suku bunga the Fed pada pertemuan 20-21 Maret mendatang.