Belanja Online Jelang Thanksgiving, Konsumen AS Habiskan US$1,52 Miliar

foto: istimewa

Pasardana.id - Konsumen di Amerika Serikat telah menghabiskan dana sekitar US$1,52 miliar (Rp20,5 triliun) melakukan belanja online dalam menyambut perayaan thanksgiving yang berlangsung Kamis (23/11/2017).

Menurut Adobe Analytics, belanja konsumen meningkat 16,8 persen year-on-year sampai pukul 5 sore waktu setempat. Perhitungan Adobe Analytics mencakup 80 persen transaksi online 100 peritel utama di Negeri Paman Sam.

Meningkatnya pembelian secara online memicu berkurangnya jumlah pengunjung di toko-toko ritel dalam thanksgiving dua tahun beruntun sebelumnya. Namun untuk tahun ini, dengan meningkatnya pasar tenaga kerja, positifnya pasar properti, dan terus menguatnya pasar saham, konsumen juga tetap melakukan pembelian secara offline.

"Tahun ini jelas lebih ramai dari beberapa tahun sebelumnya. Parkiran penuh dan gerai-gerai di mal dibanjiri pembeli," ungkap Craig Johnson, presiden Customer Growth Partners, seperti dikutip Reuters.

National Retail Federation memproyeksikan penjualan untuk November dan Desember akan meningkat antara 3,6 sampai 4 persen tahun ini. Penjualan online diperkirakan meningkat 11 sampai 15 persen mencapai US$140 miliar.

Penjualan pada November dan Desember krusial bagi para peritel di AS karena mencakup 40 persen dari penjualan tahunan.