Konsumen Vietnam Kedua Paling Optimis di Asia Pasifik
Pasardana.id - Konsumen di Vietnam adalah konsumen kedua paling optimis di kawasan Asia Pasifik. Hal tersebut terungkap dalam hasil survei kepercayaan konsumen terbaru yang dilakukan MasterCard.
Seperti dilaporkan Xinhua pada Senin (9/10/2017), indeks kepercayaan konsumen Vietnam mencapai 90,8 poin. Angka tersebut hanya lebih rendah dari indeks kepercayaan konsumen Kamboja yang mencapai 93,1 poin.
Rata-rata angka indeks kepercayaan konsumen di Asia Pasifik mencapai 66,9 poin, meningkat dari angka 62,7 poin enam bulan lalu setelah terdongkrak prospek pasar saham dan pekerjaan.
Dari April sampai Juni tahun ini, MasterCard melakukan survei terhadap 9.000 konsumen di 18 negara Asia Pasifik. Survei diberikan kepada konsumen berusia 18 sampai 64 tahun dengan pertanyaan-pertanyaan seputar kondisi ekonomi, pekerjaan, pendapatan tetap, pasar saham, dan kualitas hidup.
Angka indeks dikalkulasikan dalam skala 0 sampai 100, dengan nol paling pesimis sedangkan 100 paling optimis. Angka 40 sampai 60 netral.

